Cara beauty vlogger cerahkan flek hitam pakai 1 tanaman ini bikin geli tapi bikin wajah auto glowing

22 / 05 / 2024 07:00 WIB

Brilio.net - Flek hitam atau hiperpigmentasi menjadi masalah kulit wajah yang umum terjadi dan ditandai bercak hitam dan kecokelatan. Masalah kulit satu ini terjadi akibat produksi melanin yang berlebih pada kulit. Perlu kamu ketahui, melanin merupakan pigmen yang memberikan warna pada kulit, rambut, dan mata.

Nah, produksi melanin dapat meningkat sebagai respon terhadap berbagai faktor, salah satunya adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Ketika kulit terpapar sinar UV, sel-sel penghasil melanin yang disebut melanosit menjadi lebih aktif dan memproduksi lebih banyak melanin sebagai mekanisme perlindungan. Melanin berfungsi untuk menyerap dan menyebarkan sinar UV, serta mencegah kerusakan lebih lanjut pada sel-sel kulit. Namun, paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan distribusi melanin tidak merata, sehingga terbentuklah flek hitam pada kulit.

Selain paparan sinar matahari, penuaan juga merupakan faktor signifikan dalam terbentuknya flek hitam. Seiring bertambahnya usia, kulit mengalami perubahan struktural dan fungsional. Proses regenerasi sel kulit melambat, dan kemampuan kulit untuk memperbaiki diri menurun. Akibatnya, akumulasi kerusakan akibat paparan sinar matahari sepanjang hidup semakin tampak, sering kali dalam bentuk flek hitam yang dikenal sebagai age spots atau liver spots.

Faktor hormon juga memainkan peran penting dalam pembentukan flek hitam. Kondisi seperti melasma yang terjadi pada wanita hamil atau mengonsumsi pil kontrasepsi, disebabkan oleh perubahan hormon yang memicu peningkatan produksi melanin. Hormon estrogen dan progesteron dapat mempengaruhi aktivitas melanosit, sehingga area tertentu pada kulit menjadi lebih gelap. Melasma biasanya muncul sebagai bercak-bercak coklat di wajah, terutama di dahi, pipi, dan atas bibir.

Selain itu, peradangan atau cedera pada kulit, seperti jerawat, eksim, atau luka, dapat menyebabkan hiperpigmentasi pascainflamasi. Ketika kulit mengalami peradangan, proses penyembuhan dapat menyebabkan produksi melanin yang berlebihan di area yang terkena, sehingga menghasilkan flek hitam setelah luka sembuh.

Agar kulit cerah dan bebas flek hitam, hal yang perlu kamu lakukan adalah merawat kulit dengan masker alami. Cara inilah yang dilakukan oleh beauty vlogger dengan kanal YouTube @modisfit. Dalam unggahan short video yang dibagikan itu ia tampak memanfaatkan satu jenis tanaman yaitu lidah buaya.

Walaupun mengaplikasikan masker dalam video tersebut tampak menggelikan, manfaat dibaliknya cukup banyak lho. Lidah buaya mengandung senyawa bernama alosin, yang dikenal memiliki kemampuan untuk menghambat aktivitas enzim tirosinase. Enzim tirosinase bertanggung jawab dalam proses produksi melanin di kulit. Dengan menghambat aktivitas enzim ini, lidah buaya membantu mengurangi produksi melanin yang berlebihan, sehingga membantu memudarkan flek hitam dan mencerahkan kulit secara keseluruhan.

Sementara itu, sifat antiinflamasi lidah buaya membantu meredakan iritasi dan peradangan pada kulit. Peradangan sering kali menjadi penyebab utama dari hiperpigmentasi pascainflamasi (PIH), yaitu flek hitam yang muncul setelah kulit mengalami peradangan atau cedera. Pengaplikasian lidah buaya secara rutin membantu mencegah pembentukan flek hitam baru dan mempercepat proses penyembuhan kulit.

Lidah buaya kaya akan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan beta karoten. Dilansir dari healthline.com, Kamis (16/5) antioksidan ini membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas dan paparan sinar UV. Kerusakan oksidatif adalah salah satu faktor yang dapat memperburuk flek hitam dan tanda-tanda penuaan lainnya.

[crosslink_1]

Manfaat lain dari lidah buaya.

Kandungan lain dari lidah buaya yang cukup diketahui oleh banyak orang adalah sifat pelembap. Nah, adanya sifat pelembap mampu menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembut. Selain itu, kulit yang terhidrasi dengan baik mampu memperbaiki dirinya sendiri dan lebih sedikit rentan terhadap iritasi dan kerusakan. Kelembapan yang cukup juga membantu memperbaiki tekstur kulit, membuat tampilan flek hitam menjadi kurang mencolok.

Itulah manfaat dari lidah buaya yang bisa kamu gunakan untuk cerahkan flek hitam. Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak langkah-langkah di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @modisfit, Kamis (16/5).

Bahan dan alat:

foto: YouTube/@modisfit

- 1/2 buah lidah buaya
- sendok makan
- Bio oil.

Cara membuat:

foto: YouTube/@modisfit

1. Potong kulit lidah buaya pada sisi samping kanan dan kiri
2. Belah lidah buaya menjadi dua bagian
3. Gosok lidah buaya dengan menggunakan sendok berulang kali, hingga berbusa
4. Masukkan ke dalam mangkuk
5. Tambahkan bio oil secukupnya
6. Aduk kembali
7. Masker siap untuk kamu gunakan.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/@modisfit

1. Pastikan wajah kamu bersih
2. Sebelum diaplikasikan aduk kembali masker
3. Ambil dan aplikasikan pada wajah hingga merata
4. Tunggu selama 10 menit
5. Bilas menggunakan air biasa dan face wash
6. Gunakan masker ini dua atau tiga kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang kamu inginkan.