Cara hilangkan noda hitam dan jerawat hanya pakai face wash dari 1 jenis kayu, bikin kulit auto bening

20 Juni 2023 08:01 WIB

Brilio.net - Noda hitam atau hiperpigmentasi umumnya disebabkan oleh tanda penuaan dan paparan sinar matahari yang berlebih. Selain kedua faktor tersebut, noda hitam ini bisa muncul karena bekas jerawat yang meradang. Kondisi jerawat yang meradang ini terjadi karena pori-pori kulit yang tersumbat dan terinfeksi oleh bakteri propionibacterium acnes.

Ketika proses peradangan jerawat terjadi, kondisi ini memberikan gejala kulit yang memerah atau iritasi dan bengkak. Di sisi lain, kondisi ini juga membuat tidak nyaman karena memberikan rasa nyeri. Nah, jerawat meradang yang tidak segera ditangani dapat meninggalkan bekas atau noda hitam karena proses peradangan.

Dalam kondisi tersebut, produksi melanin dapat meningkat dan merusak pembuluh darah kecil yang berada di bawah kulit. Maka dari itu, pembekuan darah pengendapan melanin pun terjadi sehingga mengakibatkan noda hitam. Walaupun noda hitam ini tidak mengganggu kesehatan secara menyeluruh, noda hitam ini harus diatasi. Salah satu caranya dengan rutin membersihkan wajah dengan face wash.

Nah, face wash ini sejatinya mudah ditemukan di berbagai marketplace. Meski begitu, nggak ada salahnya jika kamu membuat sendiri face wash di rumah. Seperti yang dilakukan oleh pengguna YouTube yaitu Preity, yang memanfaatkan satu bahan yaitu bubuk kayu cendana. Bahan alami satu ini memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang dapat mengatasi jerawat dan peradangan.

Di sisi lain, kayu cendana atau sandalwood ini memiliki kegunaan untuk mengontrol produksi minyak berlebih penyebab munculnya jerawat. Adanya antiaging di dalam kayu cendana ini dapat mencegah tanda-tanda penuaan, meremajakan, dan mencerahkan bintik hitam. Tak hanya itu, face wash alami ini bisa dikombinasikan dengan bahan alami lainnya yaitu oatmeal, kopi hitam, tepung beras, dan besan.

Bahan-bahan tersebut memiliki sejumlah manfaat, seperti oatmeal yang bekerja sebagai eksfoliator sehingga dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan kulit. Adanya kandungan antiinflamasi pada oatmeal dapat meredakan peradangan karena jerawat. Sedangkan bubuk kopi hitam berguna sebagai eksfoliator yang dapat mencerahkan.

Adanya kandungan kafein dalam kopi ini bisa membantu mengurangi peradangan dan iritasi karena jerawat. Sementara itu, bahan eksfoliator lainnya yaitu tepung beras mengandung vitamin B dan antiinflamasi. Kedua kandungan tersebut dapat melembapkan dan mencerahkan secara alami.

Selain itu, ada juga bahan tambahan, seperti tepung besan yang dapat mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab jerawat karena kandungan antibakterinya. Lantas bagaimana cara membuat fash wash dari bahan alami? Yuk, simak langkah-langkah yang dibagikan, dilansir briliobeauty.net dari pengguna YouTube Preity - English, Senin (19/6).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/Preity - English

1. Tepung besan
2. Oatmeal
3. Tepung beras
4. Bubuk kopi hitam
5. Bubuk kayu cendana

Cara membuat:

foto: YouTube/Preity - English

1. Masukkan dua sendok makan tepung besan
2. Tambahkan satu sendok makan oatmeal dan tepung beras
3. Tuangkan kurang lebih sendok bubuk kopi hitam
4. 1/2 Sendok makan bubuk cendana
5. Lalu, aduk semua bahan hingga tercampur rata
6. Simpan face wash tersebut ke dalam toples kaca.

Untuk cara mengaplikasikannya cukup mudah. Pertama-tama, ambil bubuk face wash tersebut kurang lebih satu sendok makan dan letakkan pada tangan. Lalu, usapkan dan pijat-pijat pada seluruh bagian wajah secara perlahan-lahan.

Selanjutnya, berikan sedikit tetesan air pada wajah dan usap kembali. Lalu, barulah basuh menggunakan air bersih. Dengan menggunakan face wash tersebut secara rutin, noda hitam dan bekas jerawat pun pudar.

(brl/mal)