Cara menghilangkan flek hitam cuma pakai rosewater dicampur 1 jenis garam, bikin wajah auto glowing

26 / 06 / 2024 18:11 WIB

Brilio.net - Flek hitam yang muncul pada wajah tidak hanya disebabkan oleh faktor penuaan. Di balik itu, flek hitam juga bisa disebabkan oleh faktor lain, salah satunya adalah lingkungan atau geografis.

Perlu kamu ketahui, orang-orang yang hidup di iklim tropis cenderung punya melanin yang lebih tinggi, sebagai respons terhadap paparan sinar matahari. Kondisi tersebut membuat kulit berwarna cokelat gelap dan berbintik.

Tak cuma itu, flek hitam juga bisa terjadi karena kondisi tertentu seperti halnya pada ibu hamil. Munculnya flek hitam pada ibu hamil disebabkan oleh perubahan hormon estrogen yang meningkat.

Peningkatan hormon dapat merangsang produksi melanosit atau sel penghasil warna. Maka dari itu, bisa menyebabkan beberapa area kulit menjadi gelap. Adanya paparan sinar UV bisa memperparah kondisi flek hitam.

Munculnya flek hitam bisa dicegah dengan menggunakan sunscreen sebelum keluar rumah. Namun, jika flek hitam sudah terlanjur muncul di permukaan kulit, kamu bisa mengatasinya menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami.

Seperti yang dilakukan pengguna Instagram @10xyourbeauty, lewat unggahan di reelsnya ia memanfaatkan rosewater, tawas, dan madu murni.

Cara menggunakannya bahan-bahan tersebut untuk dijadikan masker mudah saja, sebagai berikut:

Bahan:

foto: Instagram/@10xyourbeauty

- Tawas
- 1 sendok makan madu murni
- Rosewater.

Cara membuat:

1. Siapkan cobek bersih
2. Tuangkan sedikit rosewater
3. Gosok-gosokkan tawas pada wadah tersebut hingga larut
4. Tuangkan madu murni secukupnya
5. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
6. Masker dari bahan alami siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

foto: Instagram/@10xyourbeauty

1. Pastikan wajah kamu bersih
2. Oleskan masker pada seluruh wajah dan area sekitar leher
3. Diamkan selama 15 hingga 20 menit
4. Bilas masker menggunakan air biasa
5. Ulangi penggunaan masker agar flek hitam hilang dan wajah jadi cerah.

Manfaat tawas untuk wajah.

Tawas atau alum merupakan kelompok garam rangkap berhidrat berupa kristal dan bersifat isomorf. Tawas yang mudah larut dalam air ini punya banyak manfaat bagi kulit, salah satunya adalah memutihkan flek hitam.

Melansir dari Netmeds, Rabu (26/6) tawas punya kandungan astringent yang dipercaya bikin kulit kencang, cerah, dan mengecilkan pori-pori. Tak cuma itu, adanya astringen dalam tawas juga mampu mengurangi produksi minyak dan menghaluskan kulit.

Sementara itu, adanya sifat antiseptik dan antibakteri membantu mencegah infeksi bakteri sehingga bisa mengobati jerawat. Nah, ketika dioleskan pada wajah berjerawat tawas dipercaya mengurangi perkembangbiakan bakteri. Maka dari itu, bisa membuat wajah jadi bersih dan bebas jerawat.

Bahkan adanya sifat antioksidan dalam tawas menjadi antiaging yang bisa melawan radikal bebas penyebab penuaan. Saat diaplikasikan pada wajah, tawas menetralisir molekul-molekul berbahaya dari radikal bebas. Dengan begitu membantu mengurangi munculnya kerutan, garis halus, dan bintik-bintik penuaan.