Cegah iritasi dan mengelupas, begini cara mengatasi kemerahan wajah pakai masker dari 1 jenis tepung

18 Juli 2023 06:00 WIB

Brilio.net - Adanya kemerahan di wajah membuat sebagian orang jadi kurang merasa percaya diri dengan penampilannya. Tak sedikit pula yang merasa panik lalu mencoba bermacam-macam produk skincare tanpa memperhatikan terlebih dahulu kandungan apa saja di dalamnya. Justru hal tersebut malah menyebabkan kemerahan tak kunjung sembuh karena kurang hati-hati dalam merawatnya.

Munculnya kemerahan di wajah bisa terjadi karena berbagai faktor. Seperti di antaranya karena ketidakcocokan dalam penggunaan skincare atau makeup, perubahan cuaca, paparan sinar matahari yang terlalu lama, atau munculnya jerawat. Kemerahan pada wajah tidak boleh dianggap sepele dan harus segera diatasi agar kondisinya tidak semakin parah.

Jangan menganggap kemerahan di wajah adalah hal sepele, sebab bisa saja memicu munculnya jerawat ataupun muncul permasalahan baru pada kulit. Terutama jika sering digaruk atau disentuh menggunakan tangan kotor, hal ini justru semakin memperburuk keadaan.

Wajah yang memerah membuat kamu merasa tidak percaya diri dan tidak nyaman, apalagi disertai dengan rasa gatal dan panas. Namun, tidak perlu khawatir karena masih ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah kulit kemerahan ini. Seperti video yang dibagikan oleh akun TikTok @seavellyn_ pada 13 Juni 2023.

foto: freepik.com

Unggahan tersebut berisi tentang cara mengatasi kemerahan wajah pakai masker dari 1 jenis tepung. Tepung yang digunakan adalah tepung beras. Selain itu, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu yoghurt dan madu.

"soothes reddish skin and protects the skin barrier (menenangkan kulit kemerahan dan melindungi penghalang kulit)," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @seavellyn_, Selasa (18/7).

Pada umumnya tepung beras digunakan untuk beberapa masakan saja, namun ternyata tidak hanya itu saja fungsi dari tepung beras. Ternyata manfaat tepung beras telah lama digunakan untuk melakukan perawatan dan membuat wajah menjadi lebih cantik. Beras mengandung beberapa zat yang dapat menjadi pelindung kulit dari sinar matahari. Asam ferulic dan allantoin di dalamnya dapat digunakan sebagai sunscreen yang alami.

Selain itu, tepung beras juga memiliki sifat antiinflamasi dan juga dapat menenangkan kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari dan mencegah kulit terkena sengatan matahari. Bahkan bahan yang satu ini juga bisa mengurangi kemerahan pada wajah.

Sedangkan yoghurt, memiliki kandungan protein yang sangat baik digunakan untuk menenangkan kulit sesudah terbakar matahari. Kandungan seng dalam yogurt memiliki sifat antiinflamasi yang bisa mendinginkan kulit terbakar. Bahkan, sifatnya yang dingin mampu meredakan kemerahan penyebab iritasi wajah.

Tak terkecuali dengan madu yang mengandung antiinflamasi yang bisa membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan jerawat. Selain itu, sifat antibakterinya juga bisa membantu melawan bakteri penyebab jerawat, terutama yang mengandung propolis. Bahkan, antioksidan dalam madu juga bisa meredakan kemerahan akibat iritasi kulit.

foto: TikTok/@seavellyn_

Ketiga bahan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi kemerahan pada wajahmu. Jika digunakan secara rutin, kamu akan terhindar dari kulit yang iritasi dan mengelupas. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini.

Bahan:

1. 2 sendok makan tepung beras
2. 1 sendok makan yoghurt
3. 1 sendok teh madu

foto: TikTok/@seavellyn_

Cara membuat:

1. Campurkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk ketiganya sampai tercampur merata dan bertekstur seperti pasta
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
5. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer andalanmu
6. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

(brl/wen)