Cegah jerawat dan komedo, begini cara membuat scrub untuk wajah berminyak pakai 1 jenis rempah

7 Juli 2023 05:44 WIB

Brilio.net - Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang berminyak, kering, sensitif, hingga kombinasi. Kulit berminyak adalah jenis kulit yang terjadi akibat kelenjar sebasea memproduksi sebum dalam jumlah banyak. Produksi sebum berlebih inilah yang membuat kulit terlihat mengilap dan berkilau.

Keberadaan sebum memang sangat penting dalam menjaga kelembapan kulit. Sebum adalah zat berminyak yang berfungsi untuk melindungi dan menjaga kelembapan kulit. Namun, bila produksi sebum berlebihan, kulit berminyak bisa rentan menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat muncul.

Penyebab kulit wajah berminyak ada beragam, seperti perubahan hormon, faktor genetik, usia, pola makan yang buruk, perubahan iklim atau udara. Ciri-ciri kulit berminyak biasanya akan terlihat pada area wajah. Ciri-ciri kulit berminyak, meliputi penampakan wajah berminyak atau mengilap, pori-pori besar dan terlihat jelas, kulit wajah tampak tebal dan kasar, hingga muncul komedo dan jerawat.

Nah, bagi kamu pemilik kulit berminyak, sebaiknya perlu melakukan perawatan kulit yang tepat agar kulit tetap bersih dan bebas jerawat. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan alami untuk mengontrol produksi minyak di wajahmu. Seperti videon unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @wishtrendtv pada (7/12/2020) lalu.

Dalam video itu, pemilik akun membagikan cara membuat scrub untuk wajah berminyak pakai satu jenis rempah. Rempah yang dimaksud adalah bubuk kunyit. Selain bubuk kunyit, ia juga menambahkan bahan lain yaitu bubuk kopi dan putih telur.

Nggak cuma digunakan untuk menambah cita rasa berbagai menu makanan, kunyit juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Manfaat kunyit untuk wajah ini berasal dari senyawa antioksidan dan antiradang di dalamnya yang dipercaya dapat mencegah dan mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Salah satunya adalah merawat wajah berminyak.

foto: freepik.com

Kunyit dapat membantu permasalahan jerawat. Umumnya jerawat disebabkan karena faktor hormonal atau karena minyak berlebih yang menumpuk pada pori-pori. Hal ini berkat kandungan kurkumin yang cukup efektif dalam memerangi bakteri penyebab jerawat sekaligus mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah.

Sedangkan bubuk kopi, seperti yang dilansir dari jurnal Analytical Methods menjelaskan, kopi mengandung asam kafeat atau caffeic acid yang membantu meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan nutrisi pada bubuk kopi dinilai efektif untuk mengecilkan pori-pori wajah, sehingga produksi sebum bisa lebih terkontrol.

Begitupun dengan putih telur yang diklaim bisa dijadikan pilihan perawatan guna mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Kemampuan ini didapat dari kandungan protein albumin putih telur. Albumin yang diaplikasikan pada wajah bekerja menyempitkan pembuluh darah di bawah permukaan kulit, sehingga aliran daran menjadi lancar, kulit terasa kencang, dan pori-pori mengecil.

Cukup hanya dengan ketiga bahan tersebut kamu bisa membuat scrub wajah yang dapat bermanfaat untuk merawat wajah berminyakmu. Scrub ini akan bekerja mengontrol produksi minyak berlebih pada wajahmu sekaligus mengecilkan pori-pori wajah. Berikut cara membuatnya, dilansir briliobeauty.net pada Jumat (7/7).

Bahan:

foto: TikTok/@wishtrendtv

1. 2 sendok makan bubuk kopi
2. 2 sendok makan putih telur
3. 1 sendok teh bubuk kunyit

Cara membuat:

foto: TikTok/@wishtrendtv

1. Campur ketiga bahan tersebut pada wadah
2. Aduk ketiganya sampai tercampur merata
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Gosok-gosok dengan lembut seperti saat menggunakan scrub pada umumnya
5. Diamkan selama 20-30 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
6. Lakukan cara ini secara rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang mulus dan bebas kilau.

(brl/mal)