Cerah alami dalam 7 hari, ini trik antiribet pudarkan bibir gelap pakai 1 jenis kulit buah

25 Juli 2023 22:10 WIB

Brilio.net - Kamu pernah dengar nggak sih mengenai istilah hiperpigmentasi? Bagi yang belum tahu, hiperpigmentasi merupakan kondisi dimana kulit mengalami peningkatan produksi melanin, sebuah pigmen yang memberikan warna pada kulit. Nah, saat berbicara mengenai permasalahan berupa penggelapan warna pada tubuh alias hiperpigmentasi ini, kebanyakan orang cenderung berpikir bahwa wajah menjadi bagian tubuh yang paling rentan terkena masalah ini.

Hal ini tentunya tidak mengherankan karena wajah pada dasarnya memang gampang terpapar banyak hal mulai dari paparan sinar matahari secara berlebihan hingga polusi. Namun begitu, bagian wajah lainnya yang seringkali tidak disadari juga rentan mengalami masalah ini adalah bibir.

Ya, bagian mulut satu ini merupakan salah satu komponen wajah yang juga rentan mengalami masalah hiperpigmentasi. Kamu pastinya tahu dong kalau bibir aslinya cenderung memiliki warna merah muda yang menarik dan terkesan cerah merona? Ya, hal ini dikarenakan bibir pada dasarnya memiliki banyak kelenjar pembuluh darah di dalamnya yang membuat warna tersebut akan keluar.

Akan tetapi, hal-hal seperti paparan sinar matahari tadi hingga kebiasaan buruk seperti merokok dalam prosesnya justru akan merusak kulit bibir dan memicu warna bibir yang tampak lebih gelap sehingga terlihat tidak menarik. Bahkan, walaupun memang masalah ini umumnya muncul pada laki-laki, perempuan pun bisa pula mengalaminya lho.


Eits, walau begitu, kamu yang menghadapi masalah ini nggak perlu khawatir kok. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif yang nggak kalah efektif dari produk komersil di luar sana. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan khasiat dari kulit lemon dan madu sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari @beautifulyoutips di Instagram pada Selasa (25/7)

foto: freepik.com

Kulit lemon merupakan bagian dari buah lemon yang seringkali terbuang begitu saja. Padahal, kulit lemon memiliki kandungan senyawa bioaktif yang sangat berharga untuk perawatan bibir lho. Kulit lemon kaya akan vitamin C sebagai antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit bibir serta merangsang produksi kolagen untuk menjaga kekenyalan dan kelembapan bibir. Selain itu, kulit lemon juga mengandung asam sitrat yang berfungsi sebagai eksfolian alami dalam mengangkat sel-sel kulit mati sehingga dapat mencerahkan warna bibir dalam prosesnya.

foto: freepik.com

Madu sendiri adalah cairan lebah yang sudah lama terkenal akan manfaatnya. Selain mengandung enzim yang membantu melembapkan kulit bibir, madu juga kaya akan vitamin B, vitamin C, asam folat, dan mineral seperti zat besi dan kalsium yang memberi nutrisi untuk kesehatan bibir. Plus, madu juga memiliki sifat antimikroba dan antibakteri yang berperan aktif mencegah infeksi pada bibir.

Nah, kedua bahan alami di atas ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif scrub bibir yang efektif dengan mengikuti sejumlah langkah simpel di bawah ini.

Alat dan bahan:

1. 1 Buah lemon
2. 1 Sendok makan madu
3. Wadah kecil
4. Alat parut

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@beautifulyoutips

1. Kupaslah sebuah lemon dan pisahkan kulitnya.
2. Parutlah kulit lemon tersebut hingga menjadi cukup kecil dan halus, lalu masukkan dalam wadah.
3. Tuangkan 1 sendok makan madu ke dalam wadah tersebut.
4. Aduk rata seluruh bahan tadi.
5. Aplikasikan campuran ini dengan cara menggosokkannya ke bibir seperti scrub selama 5 menit.
6. Apabila telah selesai, usap residunya dengan kapas atau tisu.
7. Gunakan pelembab bibir seperti lip balm atau lip oil yang kamu miliki.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by (@beautifulyoutips)

(brl/far)