Cerah merata tanpa scrub pemutih, ini cara atasi wajah kusam akibat pigmentasi pakai 1 jenis tepung

11 Desember 2023 07:29 WIB

Brilio.net - Banyak orang merasa kurang percaya diri dengan wajahnya yang tampak kusam. Wajah kusam adalah kondisi kulit yang tampak gelap, tidak sehat, bahkan terlihat lebih tua dari usia yang seharusnya. Banyak faktor yang menjadi penyebab wajah kusam. Seperti paparan sinar matahari, polusi, sel kulit mati yang menumpuk, perubahan hormonal, kurangnya perawatan wajah, gaya hidup yang tidak sehat, dan jarang melakukan eksfoliasi kulit.

Paparan sinar ultraviolet matahari adalah penyebab paling utama terjadinya kulit kusam. Pasalnya, masih banyak orang yang mengabaikan penggunaan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan. Sehingga warna kulit, khususnya wajah akan menggelap. Ini terjadi karena kulit secara otomatis akan memproduksi melanin berlebih sebagai upaya perlindungan kulit secara alami.

Wajah kusam juga dapat diperparah dengan munculnya bintik-bintik kehitaman yang disebut dengan hiperpigmentasi. Kondisi ini akan membuat wajah jadi kehilangan cahaya alaminya dan terkadang warnanya tidak merata. Sehingga banyak yang mencari cara untuk mencerahkan dan meratakan wajah kusam dengan berbagai cara.

Mulai dari penggunaan scrub pemutih, melakukan perawatan di klinik kecantikan, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami. Namun kamu bisa memiliki wajah cerah merata tanpa harus pakai scrub pemutih. Caranya adalah dengan menggunakan masker dari bahan alami.

Pemilik akun TikTok @beautybreakdown001 pada 3 September 2023, membagikan cara membuat masker pencerah wajah memakai 1 jenis tepung. Tepung yang dimaksud adalah tepung beras. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu aloe vera gel.

foto: freepik.com

Tepung beras digunakan untuk membuat berbagai macam olahan makanan. Tapi tak hanya dapat diolah menjadi makanan, tepung beras juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kulit. Tekstur yang sedikit kasar dari tepung beras, bisa digunakan sebagai scrub wajah. Partikel yang ada di dalam beras membantu sel kulit mati mengelupas dan keluar dari pori-pori.

Selain itu, tepung beras juga cocok untuk kamu yang memiliki kulit wajah kusam dan gelap. Tepung beras bisa membantu memutihkan kulit wajah berkat kandungan nutrisi dan mineral sehingga sangat membantu dalam mencerahkan kulit.

Begitupun dengan aloe vera gel yang juga efektif untuk mencerahkan wajah kusam. Ini berkat kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin E. Kandungan itu lah yang dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan menurunkan hiperpigmentasi. Lidah buaya juga dipercaya dapat menjadi pengelupas alami untuk membersihkan sel kulit mati penyebab kulit kusam.

foto: TikTok/@beautybreakdown001

Dengan kedua bahan alami tersebut, kamu bisa membuat masker yang ampuh untuk mengatasi wajah kusam. Pemakaian yang rutin akan membuat wajahmu cerah merata dan bebas noda gelap.

Ini cara membuat dan menggunakannya, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @beautybreakdown001, Minggu (10/12).

Bahan:

1. 1 sendok makan tepung beras
2. 1 sendok makan aloe vera gel

foto: TikTok/@beautybreakdown001

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah.
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata dan pastikan tak ada yang menggumpal.
3. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan benar-benar bersih.
4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh.
5. Gosok-gosok dengan lembut menggunakan gerakan memutar selama 3-5 menit.
6. Bilas menggunakan air sampai bersih.
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer.
8. Lakukan metode ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah cerah bebas kusam.

(brl/jad)