Cerah tanpa produk pemutih, begini trik atasi kulit kusam dan gelap pakai 1 jenis kulit buah

29 Oktober 2023 23:59 WIB

Brilio.net - Paparan sinar matahari berlebih dapat membuat kulit tampak kusam dan gelap. Kulit kusam adalah kondisi kulit yang tampak lebih gelap, tak bercahaya, dan wajah jadi terlihat lebih tua. Begitupun dengan kulit gelap dan belang yang membuat warna kulit jadi tidak merata.

Ada banyak penyebab kulit kusam, seperti sel kulit mati yang menumpuk, paparan sinar matahari berlebih, stres yang tidak tertangani, pola hidup dan pola makan tidak tepat, paparan polusi udara, dan kondisi medis yang terjadi pada kulit.

Hal ini karena produksi melanin berlebih pada kulit. Masalah ini juga kerap kali disebut dengan hiperpigmentasi. Selain bikin kulit jadi tampak kusam dan kurang terawat, kondisi ini juga bikin seseorang jadi tidak percaya diri. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang mencari berbagai cara untuk memutihkan kulit kusam dan gelap.

Terkadang sampai ada yang mengonsumsi dan menggunakan produk pemutih, padahal terdapat bahan-bahan alami yang bisa membantu memutihkan kulit lho. Seperti unggahan dari akun TikTok @nooraini_noni pada 22 Juli 2021, yang membagikan tentang trik atasi kulit kusam dan gelap pakai 1 jenis kulit buah. Kulit buah yang dimaksud adalah kulit manggis.

"Masker 1 bahan putihkan muka dan badan," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @nooraini_noni, Sabtu (28/10).

Atasi kulit kusam dan gelap pakai 1 jenis kulit buah
freepik.com

Banyak orang yang masih belum mengetahui manfaat dari kulit manggis yang selama ini hanya dianggap sampah. Padahal bahan yang satu ini ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan lho. Salah satu manfaat kulit manggis dipercaya mampu mencerahkan kulit berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

Vitamin C juga berperan dalam memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Sehingga sel kulit akan mengalami regenerasi menjadi lebih sehat dan terlindung dari berbagai permasalahan kulit.

Atasi kulit kusam dan gelap pakai 1 jenis kulit buah
TikTok/@nooraini_noni

Hanya dengan kulit manggis saja kamu bisa mencerahkan kulit yang kusam dan gelap tanpa produk pemutih. Bahkan dengan pemakaian yang rutin, kamu juga akan mendapatkan kulit yang kenyal dan awet muda berkat kandungan xanthone dan flavonoid yang bersifat antioksidan. Adanya zat antioksidan ini menjaga keremajaan kulit sehingga tetap elastis. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. Kulit manggis secukupnya
2. Sedikit air

Atasi kulit kusam dan gelap pakai 1 jenis kulit buah
TikTok/@nooraini_noni

Cara membuat:

1. Cuci kulit manggis sampai benar-benar bersih
2. Masukkan kulit manggis pada blender dan tambahkan air
3. Blender kulit manggis hingga halus dan teksturnya seperti pasta
4. Aplikasikan pada wajah atau area tubuh lain yang kusam dan gelap secara menyeluruh
5. Gosok-gosok dengan lembut dan diamkan selama 15-20 menit
6. Bilas menggunakan air sampai bersih
7. Keringkan lalu aplikasikan pelembap
8. Gunakan scrub ini secara rutin setiap hari sebelum mandi atau 2-3 kali dalam seminggu sebagai masker wajah.

(brl/ola)