Cewek ini alami breakout di wajahnya efek over eksfoliasi, ini cara merawat dan menyembuhkannya

6 Juli 2024 23:58 WIB

Brilio.net - Eksfoliasi merupakan perawatan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Manfaat eksfoliasi jika dilakukan secara rutin dapat membuat kulit wajah jadi lebih bersih dan cerah, sekaligus meningkatkan efektivitas produk perawatan kulit.

Biasanya, eksfoliasi wajah hanya perlu dilakukan sebanyak 1–2 kali dalam seminggu. Apabila dilakukan terlalu sering, alih-alih membawa manfaat, kulit wajah justru bisa mengalami kerusakan. Kondisi ini disebut dengan over-exfoliating. Over-exfoliating sering terjadi pada seseorang yang kurang paham cara kerja dan kuantitas eksfoliasi yang ideal dilakukan.

Beberapa tanda jika kulit mengalami over-exfoliating adalah kemerahan, mengelupas, kering hingga bersisik, muncul jerawat, dan jadi lebih sensitif. Tak hanya itu, kulit yang terlihat terlalu glowing hingga terkesan kering juga bisa menjadi tanda bahwa kulit mengalami over-exfoliation. Kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa sel-sel dan minyak alami pada kulit justru hilang.

Seperti yang dialami oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @sepalsepillin. Ia membagikan kisahnya ketika wajahnya mengalami breakout akibat over eksfoliasi. Tak hanya itu, pemilik akun juga membagikan cara merawat dan menyembuhkan kulit akibat over eksfoliasi lho.

foto: TikTok/@sepalsepillin

"Akar permasalahan kulit yaitu dari rusaknya skin barrier, aku pikir ga sengaruh itu, ternyata ngaruh bgt," tulis pemilik akun dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @sepalsepillin, Sabtu (6/7).

Melalui unggahannya tersebut, pemilik akun yang akrab disapa Mput itu menceritakan kisah saat wajahnya tiba-tiba mengalami breakout parah. Wajahnya jadi tampak kemerahan akibat munculnya banyak jerawat. Rupanya, skin barrier-nya rusak akibat over eksfoliasi.

"Awalnya bingung bgt kok bisa tiba2 jadi separah ini," kata Mput.

foto: TikTok/@sepalsepillin

Nah, setelah ia mengetahui penyebab wajahnya breakout, Mput lalu memutuskan untuk merawat wajahnya dengan menggunakan basic skincare saja. Perlahan ia berhenti menggunakan skincare yang bersifat eksfoliasi dan hanya menggunakan basic skincare, seperti pembersih wajah, toner, pelembap, serta sunscreen.

Mput berusaha mencari produk basic skincare yang dapat membantu memperbaiki skin barrier. Akhirnya, usahanya tidak sia-sia. Seiring waktu, wajahnya kembali sehat, kemerahan dan jerawatnya juga berkurang, bahkan wajahnya jadi lebih kenyal serta lembap.

"Ternyata fokus di basic skincare emang sengaruh itu," celetuk Mput.

foto: TikTok/@sepalsepillin

Dari kisahnya tersebut, Mput juga mengungkapkan jika ingin merawat wajah yang over eksfoliasi, pastikan untuk fokus dengan basic skincare saja. Selain itu, agar kondisi kulit cepat membaik, barengi dengan pola hidup yang sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi dan tinggi vitamin.

"Selama skin barrier membaik, mau exfo, retinol, dll pun tetep aman2 aja. Skin barrier yang sehat bikin skincare yang lain bisa bekerja maksimal ke kulit guys," pungkas Mput.

foto: TikTok/@sepalsepillin

Video unggahan Mput tersebut jadi viral hingga ditonton sebanyak 65 ribu kali dan mengundang beragam reaksi dari warganet.

"kak aku juga sekarang ngalamin karena over exfo, kakanya ngilangin jerawat pakek apa aja kak, mohon jawab," tanya akun @denmc_.

"kk wajah ku skrg spt fto kk yg pernah, please kshtau cara sembuhnya rangkaiannya apa aja," komentar akun @dahlahcapek94.

"ini real kan kak, aku cape gonta ganti skincare," celetuk akun @gimanaayaaaaaaaa.

(brl/jad)