Cuma butuh waktu 3 menit, ini cara putihkan gigi bernoda kuning pakai 2 bahan dapur

13 / 05 / 2024 20:45 WIB

Brilio.net - Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang wajib dilakukan agar terhindar dari berbagai permasalahan. Namun sayangnya, banyak orang yang justru mengabaikan hal ini, sehingga tak jarang berbagai permasalahan menghampiri dan mengganggu penampilan serta kenyamanan.

Beberapa masalah gigi dan mulut yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang adalah gigi kuning, karang gigi, karies gigi, radang gusi, hingga gigi berlubang. Nah, berbagai permasalahan gigi tersebut dapat membuat napas jadi berbau kurang sedap.

Gigi kuning merupakan kondisi saat warna alami gigi berubah jadi lebih kuning. Pemicu gigi kuning beragam, seperti kebiasaan minum kopi atau teh, malas menyikat gigi, merokok, serta penumpukan plak dan karang pada gigi. Terkadang gigi kuning yang tak segera diatasi, lama-lama akan menjadi kerak yang sulit dihilangkan.

Bila tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan gigi yang parah. Salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan menyikat gigi sehari dua kali dan rajin melakukan scalling di dokter gigi. Apabila gigi sudah terlanjur berwarna kuning, kamu dapat memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasinya.

Meskipun menggunakan bahan-bahan alami, namun jika dilakukan secara rutin, maka kamu akan mendapatkan gigi yang putih secara alami. Seperti unggahan yang dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @letzz_diy, yang memakai 2 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah garam dan bubuk kunyit.

foto: TikTok/@letzz_diy

Manfaat garam untuk mengatasi gigi kuning.

Garam mengandung mineral, kalsium, fosfor, dan fluor yang dianggap bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Garam juga merupakan antiseptik alami yang dapat membasmi bakteri. Garam bekerja dengan cara meningkatkan keseimbangan pH di dalam mulut, agar tetap dalam kondisi basa yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Bahkan garam juga dapat membantu melepaskan partikel makanan dan kotoran di sela-sela gigi yang dapat menyebabkan plak, gigi kuning, serta munculnya karang gigi yang membandel.

Kandungan bubuk kunyit untuk memutihkan noda kuning pada gigi.

Bubuk kunyit mengandung senyawa dengan warna kuning khas yang disebut kurkumin, senyawa ini memiliki manfaat antiinflamasi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaatnya adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Kurkumin juga bersifat antimikroba yang dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab masalah gigi, seperti infeksi dan plak. Selain itu, kemampuan mencerahkannya menjadikan kunyit sebagai bahan yang efektif untuk menghilangkan noda kekuningan dan mengurangi peradangan pada gigi serta gusi.

Mengandalkan dua bahan dapur tersebut, kamu bisa membuat pasta pemutih gigi yang diklaim bisa langsung terlihat hanya dalam waktu 3 menit. Penggunaan yang rutin akan membuat gigi bernoda kuning jadi tampak lebih putih dan bebas karang. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @letzz_diy, Senin (13/5).

foto: TikTok/@letzz_diy

Bahan:

- 1 sendok makan garam
- 1/2 sendok makan bubuk kunyit
- 2 sendok makan air

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah.
2. Aduk bahan-bahan tersebut sampai tercampur merata.
3. Gunakan pasta tersebut untuk menyikat gigi seperti biasanya.
4. Lakukan hingga ke sela-sela gigi selama 2-3 menit.

foto: TikTok/@letzz_diy

5. Bilas menggunakan air sampai bersih.
6. Lanjutkan dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi.
7. Bilas kembali dengan berkumur beberapa kali.
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2 hari sekali atau setiap hari untuk mendapatkan gigi yang putih secara alami.