Cuma pakai kemiri dicampur air mawar bisa bikin wajah mulus bebas jerawat, ini cara memakainya

25 Juli 2024 23:10 WIB

Brilio.net - Wajah berjerawat sering kali menjadi tantangan besar bagi banyak orang, tidak hanya secara fisik tetapi juga secara emosional. Jerawat dapat muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari komedo kecil hingga jerawat meradang yang nyeri dan mempengaruhi penampilan kulit secara keseluruhan.

Kondisi ini disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk produksi minyak berlebihan, perubahan hormon, infeksi bakteri, dan ketidakseimbangan dalam siklus regenerasi kulit. Karena cukup mengganggu kenyamanan dan penampilan, tak heran jika banyak orang mencari cara untuk menghilangkan jerawat di wajahnya.

Ada yang melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare khusus jerawat, atau memanfaatkan bahan-bahan alami. Bagi sebagian orang, melakukan perawatan di klinik kecantikan serta menggunakan produk skincare memang dapat menguras kantong.

Nah, jika kamu tak mau kantong bolong, namun jerawat tetap bisa teratasi, kamu bisa meniru cara yang dibagikan oleh salah satu pengguna Instagram dengan nama akun @melizah21.

foto: Instagram/@melizah21

Lewat unggahannya tersebut, ia memakai kemiri yang dicampur air mawar untuk bikin wajah bebas jerawat. Begini cara memakainya, seperti yang briliobeauty.net lansir dari akun Instagram @melizah21, Kamis (25/7).

Bahan:

- 3-5 butir kemiri
- Air mawar secukupnya

foto: Instagram/@melizah21

Cara membuat dan memakai:

1. Masukkan kemiri pada ulekan atau alat penumbuk
2. Tumbuk kemiri sampai halus lalu tambahkan air mawar
3. Aduk keduanya sampai tercampur merata dan teksturnya creamy
4. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
5. Diamkan selama 30 menit atau sampai kering
6. Bilas menggunakan air sampai bersih
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah mulus bebas jerawat.

foto: Instagram/@melizah21

Kandungan kemiri untuk mengatasi jerawat di wajah.

Kemiri mengandung berbagai senyawa aktif yang diyakini memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang bisa mengatasi masalah di kulit wajah. Kandungan asam lemak esensial, seperti asam oleat dan linoleat, serta vitamin E yang tinggi, juga akan memberikan nutrisi penting untuk kulit dan membantu menjaga kelembapan alami.

Selain itu, kemiri juga mengandung flavonoid dan fitosterol, yang memiliki sifat antioksidan untuk melawan radikal bebas penyebab munculnya jerawat. Penggunaan kemiri secara rutin dapat membantu mengurangi kemerahan, mengeringkan jerawat tanpa meninggalkan bekas, serta meningkatkan penyembuhan kulit secara keseluruhan.

Manfaat air mawar untuk mempercepat penyembuhan jerawat di wajah.

Air mawar telah lama diakui karena manfaatnya dalam perawatan kulit, termasuk membantu mempercepat penyembuhan jerawat. Pasalnya, air mawar memiliki sifat anti-inflamasi alami yang membantu meredakan peradangan pada jerawat. Ini dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang sering terjadi di sekitar area jerawat.

(brl/wen)