Dikira bisa atasi bibir kering, kisah wanita coba produk lip balm baru ini berujung alergi

11 Juli 2024 22:10 WIB

Brilio.net - Tak semua orang punya tampilan bibir plump dan lembap. Sebagian besar orang justru mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Biasanya bibir kering dan pecah-pecah ini terjadi lantaran mengalami dehidrasi atau kurang air putih. Tak cuma itu, faktor lingkungan seperti cuaca panas juga bisa membuat bibir jadi kering.

Bibir kering memberikan rasa tidak nyaman, tak heran jika banyak orang menggunakan lip balm untuk melembapkannya. Ada banyak pilihan lip balm dengan produk baru yang bisa dicoba. Namun jika kamu salah beli dan terlanjur menggunakan lip balm, justru bisa mengalami alergi atau iritasi.

wanita coba produk lip balm alergi
TikTok/@ggraciashinta

Kejadian tersebut dialami oleh seorang wanita bernama Shinta. Lewat unggahan video di akun TikTok @ggraciashinta bibirnya terkena reaksi alergi setelah mencoba sebuah produk lip treatment.

Beberapa saat setelah menggunakan lip treatment, bibirnya terasa aneh seperti muncul benjolan layaknya jerawat atau sariawan. Awalnya, tak ada keanehan dalam produk lip treatment yang dia beli. Menurut Shinta dia termakan iklan dari media sosial lantaran produk tersebut mengatasi bibir kering.

"Aku belum pernah bibir aku seumur hidup ngalamin kayak gitu," ucap Shinta dikutip briliobeauty.net dari TikTok @ggraciashinta, Kamis (11/7).

wanita coba produk lip balm alergi
TikTok/@ggraciashinta

Awalnya produk lip treatment tersebut memberikan hasil yang bagus. Kemudian, dia membeli varian lip treatment lainnya di toko kecantikan. Namun sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut, Shinta mencoba produk lip lain.

"Aku udah semprot pakai alkohol, aku udah lap pakai tisu. Tapi sambil nyobain dua lip treatment ini. Aku mikirnya gara-gara nyoba lip stik lain, makanya bibirnya tumbuh jerawat gitu," ujarnya.

wanita coba produk lip balm alergi
TikTok/@ggraciashinta

Namun ternyata alergi yang muncul bukan karena produk lain. Melainkan dari kedua lip treatment yang baru dia beli. Hal ini terlihat dari Shinta yang sempat menghentikan penggunaan lip treatment dan berhasil sembuh.

Namun karena produk lip treatment tersebut masih banyak, dia iseng menggunakan kedua produk lip treatment lagi. Selang dua hari, bibirnya kembali terasa tak nyaman lantaran terasa ada pasir.

"Aku tidur, abis itu dua hari kemudian kemarin itu paling parah. Kayak mau tumbuh jerawat, tapi kayak perih banget. Kayak sariawan dan nggak enak banget," jelasnya.

wanita coba produk lip balm alergi
TikTok/@ggraciashinta

Shinta menyayangkan produk lip treatment tersebut. Menurutnya menggunakan kedua produk lip treatment tidak membuat bibirnya tambah lembap, namun bikin kering dan pecah-pecah. Bahkan saking shocknya, dia menyempatkan mencari tahu soal produk yang digunakan. Ternyata produk lip treatment mengandung peanut oil.

"Aku lihat ada yang review, kalau ada yang komen. Kak kalau semisal kakak alergi sama peanut. Biasa aja kena allergy reaction. Tapi aku tuh nggak alergi sama peanut sama sekali. Jadi aku makan kacang nggak pernah alergi," ucapnya.

Tak alergi dengan kacang sama sekali, membuat Shinta bingung sebenarnya kandungan apa yang bikin bibirnya iritasi. Shinta mengingatkan, sebelum membeli produk lip treatment dan mengalami reaksi alergi harus menghentikan segera.

"Walaupun viral di TikTok, kenapa nggak cocok sama aku. Kalau kalian punya alergi mending di patch test terlebih dahulu," imbuhnya.

Unggahan video mengenai reaksi alergi lip balm ini pun mendapatkan berbagai komentar dari netizen. Salah netizen ada yang beranggapan Shinta tak cocok dengan produk lip treatment tersebut.

"kemungkinan besar ga cocok, aku dl ga cocok EOS lip balm lsg gtu baiknya lsg mnum obat alergi " komentar akun @Cece Honey .

"Engak kepikiran minum obat alergi aku mau minum jg deh biar cepet sembuh thank u sayang infonya," jawab pemilik akun @Ggraciashinta.

"kakk samaa aku ada alergi make pure paw paw," tulis akun @chishiya .

"ihh aku jugaa baruu kena alergi karena lip products. huhuhu kalo aku krn overapply petroleum jelly di bibir," tulis akun @heidianazka.

(brl/ola)