Efeknya bak pakai gua sha, ini cara kecilkan pori-pori dan redakan wajah bengkak pakai 1 bahan makanan

18 / 06 / 2024 06:30 WIB

Brilio.net - Punya wajah mulus dan halus jadi impian bagi banyak orang, terutama wanita. Bukan tanpa alasan, punya wajah tak bertekstur akan mempermudah pengaplikasian produk makeup dan hasilnya pun akan memuaskan. Namun hasilnya akan berbeda jika kamu punya kulit bertekstur atau pori-pori besar. Hal ini akan berpengaruh pada hasil riasan yang terlihat tidak mulus.

Tak cuma berkaitan dengan hasil makeup, wajah dengan pori-pori besar juga menimbulkan sejumlah risiko masalah kulit. Mulai dari timbulnya jerawat, komedo, hingga penumpukkan berbagai kotoran.

Ada beberapa kebiasan sehari-hari yang menyebabkan pori-pori wajah membesar. Seperti tidak membersihkan wajah secara maksimal atau bahkan melewatkannya. Sisa makeup dan debu yang belum terangkat bisa menempel dan bersarang di dalam pori-pori.

Pada wajah yang tidak menggunakan makeup, tidak membersihkan wajah dengan maksimal akan membuat pori-pori tampak besar. Hal ini dikarenakan masih ada radikal bebas yang menempel pada wajah.

Kebiasan lainnya yaitu menggosok wajah terlalu kencang. Ketika mengeringkan wajah, hindari untuk menggosoknya secara berlebihan. Hal ini akan mengakibatkan pori-pori semakin terlihat lebih besar. Saat mengeringkan wajah, disarankan untuk menepuk-nepuk wajah dengan lembut.

Selain itu, wajah yang terlalu sering terpapar sinar matahari juga menjadi penyebab pori-pori membesar. Kegiatan di luar ruangan memang membuat kamu terpapar sinar matahari. Maka dari itu, sebelum melakukan berbagai kegiatan pastikan untuk menggunakan tabir surya terlebih dahulu. Hal ini penting karena sunscreen bisa melindungi kulit dari radikal bebas dan sinar UV.

Itulah beberapa faktor yang membuat pori-pori wajah membesar. Pada dasarnya pori-pori wajah memang tidak bisa dikecilkan, namun ada beberapa cara untuk meminimalisir tampilan pori-pori besar. Mulai dari rutin membersihkan wajah hingga eksfoliasi dengan produk atau bahan alami.

Selain itu, ada satu trik lain yaitu dengan memanfaatkan satu bahan makanan yang dibekukan. Cara ini dibagikan oleh beauty vlogger dengan akun Instagram @_mymakeupoftea.

Lewat unggahan reels, ia memanfaatkan bahan makanan berupa mentimun yang dibekukan. Nah, mentimun beku ternyata punya efek seperti perawatan memakai ghua sh, seperti mengencangkan wajah dan mengecilkan pori-pori.

Berbicara mengenai manfaat timun untuk wajah, bahan makanan yang biasanya disantap sebagai lalapan ini punya sifat antiinflamasi. Menurut dokter Koo seorang private praktisi yang dilansir dari shape.com, menjelaskan sifat antiinflamasi bisa meredakan jerawat dan pembengkakan.

Kandungan air sebanyak 90% dalam timun bisa melembapkan dan melindungi kulit, sedangkan kandungan mineral dan vitamin pada mentimun bertindak sebagai antioksidan.

Manfaat mentimun beku pada wajah menurut dokter Koo bisa berguna mencegah penuaan karena adanya antioksidan. Kemudian efek mendinginkan dari timun beku mampu mengurangi pembengkakan dan kemerahan. Bahkan jika digunakan secara rutin bisa mengatasi peradangan akibat jerawat dan mengurangi jaringan parut akibat noda hitam, termasuk mata panda.

Itulah manfaat dari menggunakan mentimun beku bagi kecantikan wajah. Lantas bagaimana cara menggunakannya? Bagi kamu yang penasaran yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari reels akun Instagram @_mymakeupoftea, Senin (17/6).

Bahan:

foto: Instagram/@_mymakeupoftea

- 1 buah mentimun

Cara membuat dan menggunakan:

foto: Instagram/@_mymakeupoftea

1. Cuci bersih mentimun.
2. Potong menjadi dua bagian.
3. Masukkan ke dalam freezer hingga membeku.
4. Keluarkan dan gunakan untuk memijat wajah.
5. Sebelum digunakan pastikan wajah bersih terlebih dahulu.
6. Lakukan pijatan mulai dari sisi pipi, kemudian ke arah rahang, dan beralih pada bagian mata.
7. Ulangi treatment ini secara rutin agar wajah halus dan bebas pori-pori besar.

Apakah aman menggunakan mentimun beku untuk kecilkan pori-pori wajah?

Menggunakan mentimun beku untuk merawat wajah mungkin terdengar masih asing bagi sebagian orang. Padahal cara ini memang memiliki manfaat bagi kecantikan wajah. Melansir dari pernyataan dokter Koo dari shape.com, menjelaskan mentimun yang didinginkan, bukan dibekukan jauh lebih aman dan efektif mengurangi bengkak dan peradangan.

"Mentimun beku yang disimpan lebih dari beberapa detik sebenarnya dapat membakar kulit, mirip dengan radang dingin yang dapat menyebabkan kerusakan dan iritasi pada kulit." ujarnya.

Nah sebagai solusinya, kamu disarankan untuk menggunakan mentimun yang sudah dikupas dan kemudian didinginkan daripada mentimun beku.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Eraj Zaidi (@_mymakeupoftea)