Efektif bak body serum, ini trik atasi kulit badan kering dan kusam jadi glowing pakai 1 bahan dapur

5 Januari 2024 12:10 WIB

Brilio.net - Seperti diketahui sinar matahari merupakan sumber utama proses stimulasi vitamin D bagi tubuh manusia. Oleh karena itu, paparan sinar matahari dapat membantu proses regenerasi kalsium dan mempertahankan kesehatan tulang. Secara tidak langsung, hal tersebut juga membantu tubuh manusia menjadi lebih sehat karena terjaganya sistem kekebalan tubuh.

Meskipun memiliki banyak manfaat, nyatanya sinar matahari juga memiliki segudang bahaya bagi kulit manusia, apalagi jika terpapar tanpa perlindungan yang tepat. Pasalnya, pancaran sinar UV yang dihasilkan matahari dapat menimbulkan efek terbakar pada kulit, sehingga memicu proses hiperpigmentasi atau penggelapan. Alhasil, kulit pun menjadi terasa kusam dan tampak kotor.

Selain itu, paparan sinar matahari juga menjadi salah satu penyebab utama munculnya kondisi kering di kulit. Hal ini dikarenakan sinar matahari menyebabkan penguapan air di kulit, sehingga kelembapan alami pada lapisannya hilang secara cepat. Akibatnya, skin barrier pada kulit yang kering pun menjadi lemah, membuatnya rentan terkena berbagai masalah kulit.

Apabila kulit badanmu mengalami masalah di atas, kamu nggak perlu khawatir. Selain membeli produk bodycare di luar sana, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif yang tak kalah efektif. Salah satunya adalah dengan menggunakan campuran minyak kelapa dan aloe vera, sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Jumat (5/1) dari akun Instagram @diyglowpage.

foto: freepik.com

Minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak dan asam laurat yang dikenal memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Khasiat ini menjadikan minyak kelapa efektif membantu mengembalikan kelembapan serta meningkatkan kehalusan kulit. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki potensi untuk memperbaiki tampilan kulit dengan kemampuan mengurangi pigmentasi, terutama berkat kandungan asam laurat yang dimilikinya.

foto: freepik.com

Gel aloe vera memiliki kandungan antioksidan, vitamin E, dan enzim yang mampu membantu mengurangi hiperpigmentasi serta mengatasi kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Selain itu, aloe vera juga memiliki sifat menenangkan dan mampu menjaga kelembapan kulit, membantu meredakan peradangan, dan meremajakan sel-sel kulit, sehingga dapat membantu mengurangi tampilan kasar dan masalah pigmentasi pada badan.

Kedua bahan di atas bisa kamu jadikan sebagai alternatif body serum dengan mengikuti petunjuk berikut.

Alat dan bahan:

1. 3 sendok makan gel aloe vera
2. 1 sendok makan minyak kelapa padat
3. Minyak vitamin E secukupnya (opsional, bila ada)
4. Wadah dan jar kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@diyglowpage

1. Masukkan 3 sendok makan gel aloe vera dalam wadah kecil
2. Tambahkan pula 1 sendok makan minyak kelapa padat setelahnya
3. Bila ada, campurkan sedikit minyak vitamin E dalam campuran tadi
4. Aduk seluruh bahan hingga konsistensinya tercampur rata
5. Simpanlah racikan ini dalam jar tertutup di dalam kulkas untuk digunakan lebih lama
6. Aplikasikan gel ini ini ke area kulit badan, seperti tangan dan kaki, sembari dipijat hingga menyerap sempurna
7. Gunakan rutin, terutama setiap malam, untuk mendapatkan hasil terbaik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by DIY GLOW (@diyglowpage)

(brl/mal)