Glowing dan awet muda, ini cara membuat overnight mask untuk lembapkan wajah pakai 1 bahan pemanis

9 Juli 2023 15:00 WIB

Brilio.net - Penggunaan skincare di malam hari dapat membuat kulit terhidrasi secara sempurna. Proses regenerasi kulit pada malam hari akan lebih cepat jika dikombinasikan dengan menggunakan overnight mask.

Sleeping mask atau overnight mask adalah masker yang dirancang untuk digunakan ke wajah sebelum tidur dan dipakai sepanjang malam. Manfaat utamanya ialah menghidrasi kulit sekaligus membantu proses perbaikan alami pada kulit. Hasilnya kulit akan terasa lebih segar dan bercahaya saat pagi hari.

Overnight mask digunakan sebagai langkah perawatan wajah terakhir sebelum tidur. Meski disebut sebagai masker, tetapi produk ini tidak sama dengan masker wajah biasa karena penggunaannya lebih praktis. Lantas, apa bedanya dengan krim malam? Nah, berdasarkan fungsinya, krim malam mengandung bahan yang mampu melembapkan dan memperbaiki kerusakan pada kulit wajah.

Namun, overnight mask mengandung lebih banyak bahan aktif yang lebih mudah diserap dan menembus hingga lapisan kulit terdalam. Hal inilah yang membuat overnight mask dapat memberikan beragam manfaat untuk kesehatan kulit wajah.

Overnight mask diketahui lebih mampu melembapkan kulit wajah dibandingkan dengan krim malam. Pasalnya, kandungan bahan di dalamnya mampu diserap lebih dalam ke lapisan kulit.

Mungkin selama ini kebanyakan orang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli produk overnight mask di pasaran. Padahal kamu bisa membuat overnight cream sendiri hanya dengan bahan-bahan alami di sekitarmu. Bahkan bisa kamu temui di dapur lho. Seperti unggahan yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @beautytips0.2 pada 15 Januari 2023.

Unggahan tersebut berisi tentang cara membuat overnight mask untuk lembapkan wajah pakai 1 bahan pemanis. Bahan pemanis yang dimaksud adalah madu. Tak hanya madu, ia juga menggunakan bahan lain yaitu aloe vera gel.

"DIY Aloe Honey OVERNIGHT FACE MASK," tulisnya dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @beautytips0.2, Sabtu (8/7).

foto: freepik.com

Dilansir Medical News Today, cairan manis yang lengket satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan perawatan kulit karena mengandung antimikroba, antibakteri, antioksidan, vitamin B, vitamin C, serta sifat penyembuhan luka.

Manfaat madu yang utama adalah dapat membuat kulit jadi lebih lembap. Terdapat kandungan humektan pada madu, dapat merawat kulit kering hingga mengelupas. Selain itu, zat pemanis pada madu pun juga dapat menjaga kelembapan kulit wajahmu dan membuat kulit tetap elastis dengan tekstur yang kenyal dan sehat.

Antioksidan alami yang terkandung di dalam madu akan membantu mengontrol munculnya kerutan serta garis halus pada wajah. Penggunaan madu sebagai bahan masker buatan sendiri dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga wajah akan tampak awet muda dan bercahaya.

Sementara aloe vera gel juga merupakan bahan alami yang diklaim mampu membantu melembapkan kulit secara optimal. Lidah buaya mengandung zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit. Selain bisa melembapkan, lidah buaya juga diketahui dapat melawan penuaan kulit pada wajah. Gel lidah buaya memiliki vitamin C dan E, beta-karoten yang berlimpah.

Oleh karena itu, tanaman ini memiliki sifat antipenuaan. Beberapa zat di dalam lidah buaya mengandung sifat antimikroba dan antiinflamasi. Zat tersebut membantu menghilangkan noda kulit dan mengurangi garis usia. Selain itu, membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dan elastisitas kulit. Sehingga wajah lebih kencang, glowing, dan awet muda.

foto: TikTok/@beautytips0.2

Dengan kedua bahan tersebut kamu bisa membuat overnight cream sendiri yang tak kalah efektif dengan produk pasaran. Bahkan jika kamu menggunakannya secara rutin, wajahmu akan terasa lebih kenyal dan glowing. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

1. 2 sendok teh aloe vera gel
2. 1/2 sendok teh madu

foto: TikTok/@beautytips0.2

Cara membuat:

1. Campurkan bahan-bahan tersebut pada sebuah wadah
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata
3. Aplikasikan pada wajah dan leher yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Pijat-pijat dengan lembut agar meresap
5. Gunakan secara rutin setiap hari sebelum tidur
6. Bilas saat pagi harinya menggunakan air sampai bersih
7. Simpan sisa overnight mask buatanmu pada kulkas selama 2 minggu.

(brl/lea)