Halus tanpa minum pil kolagen, ini trik kurangi keriput dan garis halus wajah pakai 1 makanan pokok

14 Desember 2023 14:10 WIB

Brilio.net - Mempunyai penampilan wajah yang tampak lembut dan awet muda adalah dambaan banyak individu. Meski demikian, tak bisa dipungkiri bahwa kondisi wajah akan berubah seiring bertambahnya umur, yang dikenal sebagai penuaan. Tidak hanya terbatas mempengaruhi melemahnya energi tubuh, tetapi juga mengakibatkan perubahan kulit yang awalnya kencang menjadi berkeriput dan dipenuhi garis halus.

Penyebab berubahnya tekstur kulit sehingga memunculkan tanda penuaan seperti keriput tadi berkaitan erat dengan dua komponen utama yang menyusun struktur kulit, yaitu kolagen dan elastin. Mengutip salah satu penelitian Plastic and Aesthetic Research, kulit orang dewasa akan mengalami penurunan produksi keduanya sebanyak 1-1.5% per tahun seiring bertambahnya usia. Hal inilah yang berpengaruh pada hilangnya kekencangan kulit, sehingga memunculkan kerutan.

Tak hanya itu, faktor lingkungan seperti sinar matahari juga dapat memperparah kondisi ini. Hal ini dikarenakan salah satu gelombang sinar UVA yang dipancarkan matahari secara langsung menargetkan komponen protein di dalam kulit. Hal ini dalam prosesnya akan merusak kemampuan kulit dalam memproduksi kolagen dan elastin tadi pula. Tak jarang kemudian orang-orang tampak menua sebelum waktunya.



Namun begitu, kamu nggak perlu pusing sampai harus membeli produk kolagen yang mahal kok. Soalnya, kamu bisa melawan munculnya tanda penuaan ini dengan memanfaatkan berbagai bahan alami yang mudah ditemukan. Hal ini sebagaimana diperagakan oleh @skincarebytanisha di Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Kamis (14/12) yang memanfaatkan nasi dan madu sebagai solusinya.

foto: freepik.com

Sebagai makanan pokok, nasi merupakan makanan yang kaya akan senyawa antioksidan bermanfaat seperti vitamin B, vitamin E, hingga mineral. Vitamin B kompleks membantu memperbaiki dan menjaga kesehatan kulit, sementara vitamin E dan mineral-mineral tersebut berperan sebagai antioksidan yang melawan efek buruk radikal bebas serta membantu memperlambat proses penuaan kulit dengan memberi kelembapan mendalam.

foto: freepik.com

Madu sendiri telah umum dikenal mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan enzim dan antioksidan dalam madu merupakan zat yang efektif dalam meningkatkan elastisitas kulit dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Selain itu, madu penuh dengan faktor hidrasi yang dapat memberi kelembapan mendalam yang mendukung perbaikan kulit.

Kedua bahan di atas ini bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 2-3 Sendok makan nasi dalam kondisi hangat
2. 1 Sendok makan madu murni
3. Wadah kecil dan blender

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@skincarebytanisha

1. Masukkan 2-3 sendok makan nasi hangat dalam sebuah blender.
2. Haluskan nasi tersebut dengan blender hingga membentuk pasta kental.
3. Pindahkan pasta nasi dalam wadah kecil, lalu tambahkan 1 sendok makan madu murni.
4. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.
5. Oleskan campuran ini ke wajah yang bersih secara menyeluruh.
6. Diamkan selama 15-20 menit, lalu pijat lembut dan bilas hingga bersih dari residu.
7. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tanisha Ahuja (@skincarebytanisha)

(brl/far)