Hanya butuh 1 jenis bahan makanan, begini cara membuat face mask untuk atasi wajah kering

28 April 2023 11:10 WIB

Brilio.net - Merawat kulit wajah secara rutin dan tepat merupakan salah satu langkah penting untuk mendapatkan kulit wajah yang halus dan kencang. Sebab, kulit kemungkinan kehilangan cairan akibat kondisi tertentu, sehingga menjadikannya tampak kering. Semakin bertambahnya usia, risiko untuk mengalami kulit kering akan lebih besar. Tanda bahwa kulit mengalami kekeringan bisa berupa permukaan kulit wajah yang terasa kasar, mengelupas, pecah-pecah dan terasa gatal. Kulit wajah yang kering bisa disebabkan oleh hormonal, faktor usia, sinar matahari, radikal bebas, dan bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik.

Siapa pun bisa terkena kondisi kulit yang satu ini, tapi orang lanjut usia biasanya lebih rentan. Hal ini disebabkan karena lansia mengalami penurunan produksi sebum, yakni minyak alami yang berfungsi sebagai pelumas kulit. Meski demikian, kondisi ini tentu bisa ditangani dengan mengurangi faktor-faktor yang meningkatkan risikonya.

Kamu juga bisa melakukan perawatan dengan menggunakan masker yang diformulasikan untuk kulit kering. Masker wajah untuk kulit kering biasanya memiliki kandungan pelembap dengan kadar yang tinggi. Sebab, kulit kering merupakan kondisi yang terjadi ketika kulit bagian atas atau epidermis tidak mendapatkan kelembapan yang cukup.

Kandungan di dalam masker kulit kering sengaja ditujukan agar dapat meresap ke dalam kulit untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ditimbulkan kulit kering. Selain bisa membeli di pasaran, kamu juga bisa kok membuat masker untuk mengatasi kulit keringmu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @jomamaisallama pada 15 Januari 2021.

Melalui videonya tersebut ia memberikan cara membuat face mask untuk atasi wajah kering hanya butuh 1 bahan makanan. Bahan makanan yang dimaksud adalah oatmeal. Selain oatmeal, ia juga menambahkan bahan lain seperti bubuk kayu manis dan minyak zaitun.

"DIY Natural 30 min moisturizing face mask (DIY masker wajah pelembap alami 30 menit)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @jomamaisallama, Jumat (28/4).

foto: freepik.com

Oatmeal sudah terkenal dapat menyehatkan tubuh karena kandungan serat dan antioksidannya yang tinggi. Tak hanya baik bagi tubuh, oatmeal juga mengandung antioksidan tinggi dan sejumlah zat dengan efek antiradang, sehingga mampu melembapkan kulit dan menjaga kesehatan sel-sel kulit.

Mengutip dari situs DermNet, kandungan koloid pada oatmeal membantu mengikat jaringan kulit dan memberikan perlindungan terhadap iritasi. Hal ini dikarenakan senyawa tersebut mengandung polisakarida sebagai pengikat air dan hidrokoloid yang menjaga kelembapan pada kulit. Koloid ini juga berperan sebagai emolien (pelembap) yang dapat meredakan gatal pada kulit.

Begitupun dengan bubuk kayu manis yang memiliki manfaat bagus untuk kulit seperti merawat kulit kering, mengatasi jerawat, garis-garis halus dan lain-lain. Kandungan cinnamaldehyde dalam kayu manis dipercaya mampu meningkatkan kadar kolagen pada kulit sekaligus melembapkannya agar terhindar dari kulit kering. Selain itu, manfaat masker kayu manis satu ini bisa didapat berkat kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

Sementara itu, minyak zaitun juga dapat mengatasi kulit kering dengan menjaga kelembapannya. Manfaat ini bisa diperoleh berkat kandungan squalene dan vitamin E di dalam olive oil. Squalene dapat mengunci air di kulit, sedangkan vitamin E meningkatkan kemampuan kulit untuk menyerap air.

Hanya dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah disebutkan tersebut kamu bisa membuat face mask untuk mengatasi kulit wajahmu yang kering. Bahkan cara membuatnya pun cukup mudah, yuk simak caranya berikut ini:

foto: TikTok/@jomamaisallama

Bahan:

1. 1-2 sendok makan oatmeal.

2. Bubuk kayu manis secukupnya.

3. Minyak zaitun secukupnya.

Cara membuat:

1. Tuangkan oatmeal pada mangkuk lalu haluskan.

2. Tambahkan bubuk kayu manis dan minyak zaitun lalu aduk sampai merata dan berbentuk seperti pasta.

3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara merata.

4. Diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.

5. Gunakan secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang lembap dan kenyal.

6. Setelah menggunakan masker ini, jangan lupa untuk tetap menggunakan moisturizer favoritmu ya.

foto: TikTok/@jomamaisallama

Video yang berisi cara membuat face mask untuk atasi wajah kering yang hanya butuh 1 bahan makanan ini viral. Sampai sekarang, videonya sudah ditonton sebanyak 31 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 680 tanda suka.

(brl/pep)