Hasil terlihat dalam 2 minggu, ini trik agar wajah belang jadi cerah merata pakai 1 jenis buah

4 Februari 2024 05:00 WIB

Brilio.net - Seiring beranjak ke fase dewasa, umumnya orang-orang akan lebih sering terlibat pada aktivitas padat yang harus dikerjakan di luar ruangan. Hal ini membuat banyak orang menjadi lebih sering terpapar sinar matahari yang bercampur dengan polusi di sekitar mereka.

Nah, bagian kulit yang tidak terlindungi dengan baik, akan mengalami proses penggelapan. Alhasil, kondisi warna kulit pun akan menjadi tidak merata, sehingga memberi kesan belang dan kusam.

Seperti yang diketahui, sinar matahari mengandung sinar UV yang dapat meningkatkan produksi melanin dengan cepat sebagai mekanisme pertahanan kulit. Hal ini membuat kulit berujung menggelap sehingga terlihat kusam dan penuh belang. Sedangkan polusi udara, jelas dapat membuat kulit menjadi kotor karena banyaknya debu dan kotoran yang dibawa bersamanya akan menempel di kulit wajah.

Untuk mengatasi masalah di atas, kamu nggak perlu bingung. Soalnya, kamu bisa mencoba membuat racikan menggunakan kandungan dari bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif untuk mencerahkan wajah.

Salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan buah jeruk bersama dengan tepung beras, bubuk kopi, dan yoghurt seperti dilansir briliobeauty.net dari Instagram @mayankgandhi25 pada Sabtu (3/2).

belang merata
freepik.com

Dilansir dari Healthshots, ekstrak dari buah jeruk sejatinya kaya akan vitamin C seperti asam askorbat serta komponen antioksidan. Vitamin C yang terkandung dalam kulit jeruk berperan penting dalam mencerahkan kulit dan mengurangi produksi melanin yang disebabkan oleh panas matahari. Sementara kandungan antioksidan dalam kulit jeruk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV yang dapat mempercepat kerusakan kondisi kulit.

belang merata
freepik.com

Tepung beras pada dasarnya telah lama digunakan dalam perawatan kecantikan karena sifat eksfoliasinya yang lembut dan kemampuannya untuk mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan tepung beras kaya akan asam amino, vitamin B, antioksidan yang dapat memberi nutrisi pada kulit secara menyeluruh.

Selain itu komponen asam phytic di dalamnya efektif dalam membantu mengurangi produksi melanin dan menghaluskan lapisan kulit yang gelap. Hal ini membuat tepung beras menjadi bahan alternatif yang efektif dalam mengurangi tampilan kulit belang.

belang merata
freepik.com

Bubuk kopi pun tidak hanya dapat digunakan sebagai dasar minuman, namun juga sebagai bahan yang efektif untuk perawatan kulit. Sifat eksfoliasi alami beserta kandungan kafein dalam bubuk kopi dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki tekstur kulit, dan memberi efek mencerahkan dalam prosesnya. Selain itu, bubuk kopi juga memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

belang merata
freepik.com

Yoghurt merupakan produk hasil fermentasi susu yang dikenal kaya akan khasiat bermanfaat, terutama dari komponen asam laktat, probiotik, serta vitamin B. Asam laktat dan vitamin B memberikan manfaat besar dengan bertindak sebagai agen pencerah alami yang membantu mengurangi hiperpigmentasi dan merangsang pembentukan sel-sel kulit baru. Sementara itu, probiotik membantu memperkuat lapisan pelindung alami kulit sehingga kulit pun menjadi lebih sehat dan tidak gampang iritasi.

Bahan-bahan di atas ini bisa kamu jadikan masker wajah dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 buah jeruk segar
2. 1 sendok teh tepung beras
3. 1 sendok teh bubuk kopi
4. Yoghurt secukupnya
5. Wadah kecil

Langkah pengerjaaan:

belang merata
Instagram/@mayankgandhi25

1. Masukkan tepung beras dan bubuk kopi masinbg-masing 1 sendok makan dalam wadah
2. Tambahkan sedikit yoghurt murni setelahnya
3. Kupas 1 buah jeruk, lalu peras ekstraknya ke dalam wadah berisi semua bahan tadi
4. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata
5. Oleskan racikan ini sebagai masker pada wajah yang bersih secara menyeluruh
6. Diamkan selama 15-20 menit, lalu pijat sebentar sebelum dibilas hingga bersih
7. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil cerah maksimal dalam kurun waktu 2-3 minggu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mayank Gandhi | Skincare & Lifestyle (@mayankgandhi25)

(brl/ola)