Hasil tes 3 sunscreen merek lokal harga di bawah Rp 70 ribu, mana paling worth it?

21 / 05 / 2024 06:26 WIB

Brilio.net - Paparan sinar matahari merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan kulit secara signifikan. Dari risiko penuaan dini hingga peningkatan potensi kanker kulit, perlindungan terhadap sinar UV (Ultraviolet) sangatlah penting. Di tengah kesadaran mengenai pentingnya skincare, sunscreen menjadi salah satu produk yang banyak diminati. Pasalnya, sunscreen atau tabir surya merupakan produk yang dirancang untuk melindungi kulit dari efek negatif sinar UV.

Perlu kamu ketahui, sinar UV sendiri terdiri dari dua jenis utama yaitu UVA dan UVB. UVA memiliki gelombang yang lebih panjang dan dapat menyebabkan penuaan kulit, sedangkan UVB memiliki panjang gelombang yang lebih pendek dan dapat menyebabkan kulit terbakar. Sunscreen bekerja dengan berbagai cara, mulai dari menciptakan lapisan fisik yang menghalangi sinar UV, hingga menyerap radiasi UV sebelum mencapai kulit.

Mempunyai kegunaan yang cukup penting untuk jaga kecantikan kulit, tak heran sunscreen diandalkan banyak orang. Ada banyak sunscreen yang kini beredar di tengah-tengah masyarakat. Tentunya hal tersebut membuat orang kebingungan mencari produk yang worth it tapi harganya di bawah Rp 70 ribu.

Biar nggak salah beli, sebaiknya kamu harus lihat tes sunscreen yang dilakukan oleh beauty creator ini. Briliobeauty.net melansir dari TikTok @jiglyciouss, dilakukan tes terhadap tiga produk sunscreen lokal yaitu Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel, The Originote Cermella Sunscreen SPF 50 PA++++, dan Madame Protection Sunscreen. Ketiga produk itu semuanya dibanderol di bawah Rp 70 ribu saja.

Packaging sunscreen.

foto: TikTok/@jiglyciouss

Dari ketiga produk yang dibandingkan, semuanya dikemas dengan botol tube. Azarine Hydrosoothe Sunscreen Gel punya kemasan dengan warna hijau bernuansa kuning dan dibanderol dengan harga Rp 70 ribuan. Azarine Hydrosoothe Sunscreen Gel punya SPF 45 PA++++ dengan kandungan niacinamide, hyaluronic acid dan propolis.

Kemudian The Originote Cermella Sunscreen SPF 50 PA++++ punya kemasan serba putih dengan harga mulai dari Rp 42 ribu. Punya SPF 50 PA++++ dan dibekali dengan kandungan ceramide, tremella, dan vitamin C.

Sedangkan produk yang ketiga yaitu Madame Protection Sunscreen. Sunscreen ini dikemas dengan warna oranye dengan kandungan SPF 30 PA+++ dan ada kandungan ekstrak calendula. Dari ketiga sunscreen, Madame Protection Sunscreen dibanderol dengan harga paling murah yaitu Rp 36 ribuan.

Tekstur dari ketiga sunscreen.

foto: TikTok/@jiglyciouss

Kenyamanan dari produk kecantikan bisa kamu dapatkan dari teksturnya yang dimiliki produk, begitu juga dengan sunscreen. Testing mengenai tekstur sunscreen diawal dari Azarine Hydro Soothe Sunscreen Gel. Seperti namanya sunscreen dari Azarine ini punya tekstur gel yang ringan saat diaplikasikan.

"Saat pertama kali (sunscreen diaplikasikan) ke wajah sama sekali nggak ada white cast dan gampang diblend. Cocok buat yang kulitnya berminyak," jelas @jiglyciouss.

Sementara itu, The Originote Cermella Sunscreen SPF 50 PA++++ punya tekstur gel lotion yang ringan. Selain itu, The Originote Cermella Sunscreen SPF 50 PA++++ ini mudah diblend dan tidak terasa lengket.

"Nggak ada white castnya, cocok untuk semua jenis kulit," ujarnya.

Produk sunscreen yang ketiga yaitu Madame Protection Sunscreen punya tekstur lotion. Berbeda dengan produk sunscreen sebelumnya, Madame Protection Sunscreen meninggalkan butiran putih namun tak begitu meninggalkan white cast.

"Tapi masih ada efek mencerahkannya," imbuhnya lagi.

Tes UV camera masing-masing sunscreen.

foto: TikTok/@jiglyciouss

Sudah melalui berbagai tahapan tes, saatnya melakukan uji UV camera. UV camera merupakan jenis kamera yang dirancang khusus untuk mendeteksi radiasi ultraviolet yang tidak terlihat oleh mata manusia. Kamera ini biasanya digunakan untuk mengukur tingkat perlindungan tabir surya atau sunscreen.

Nah, alat ini juga digunakan oleh @jiglyciouss untuk menguji sunscreen mana yang punya kemampuan untuk menghalau matahari. Saat diuji, Azarine Hydrosoothe Sunscreen Gel warnanya tidak terlalu pekat dan abu-abu. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel juga tampak ringan, namun tipis.

Kemudian The Originote Cermella Sunscreen SPF 50 PA++++ punya warna yang terlalu pekat dan masuk ke dalam hybrid sunscreen. Sedangkan Madame Protection Sunscreen termasuk ke jenis hybrid dan physical sunscreen, lantaran punya warna abu-abu.

Tiga produk sunscreen yang sudah disebutkan tak semuanya unggul, @jiglyciouss menuturkan ada beberapa produk yang punya kekurangan. Seperti Azarine Hydrosoothe Sunscreen Gel kurang cocok di kulit kering. Madame Protection Sunscreen punya kandungan alkohol dan SPF yang kurang melindungi kulit.

Berbeda dengan dua produk lainnya, The Originote Cermella Sunscreen SPF 50 PA++++ menurut @jiglyciouss cocok untuk semua jenis kulit, dan menjadi sunscreen harian yang digunakan @jiglyciouss.

Walaupun begitu, kecocokan penggunaan sunscreen ini tergantung dengan jenis kulit yang dimiliki setiap individu. Oleh karena itu, tidak bisa disamakan antara penggunaan satu dengan yang lainnya.