Hasilnya terlihat kurang dari seminggu, ini trik atasi jerawat dan bekasnya pakai 2 bahan rempah

15 Agustus 2023 14:10 WIB

Brilio.net - Munculnya jerawat umumnya disebabkan oleh pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan berbagai bakteri. Ketika pori-pori wajah tersumbat, kondisi tersebut menciptakan lingkungan yang tepat bagi bakteri propionibacterium acne untuk berkembang. Nah, keadaan ini jika tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan peradangan pada kulit yakni kemerahan dan pembengkakan.

Ketika jerawat mulai memasuki proses penyembuhan, kondisi ini bisa menimbulkan bekas berupa noda hitam. Hal ini bisa terjadi karena peradangan yang terjadi selama proses penyembuhan jerawat menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit dan area pembuluh darah yang terinfeksi. Akibatnya, kolagen dalam kulit tidak dapat berproduksi dengan normal dan menyebabkan tekstur kulit tidak merata.

Untuk menghilangkan jerawat dan memperbaiki bekasnya, kamu harus melakukan perawatan kulit secara rutin. Salah satu yang bisa kamu gunakan adalah merawat kulit berjerawat dengan memanfaatkan bahan alami. Selain mudah untuk didapatkan, bahan-bahan alami ini juga dibanderol dengan harga yang terjangkau sehingga tidak membuat kantong jebol. Tak hanya itu, bahan alami ini juga tak kalah ampuh dengan treatment yang melibatkan tenaga kecantikan.

Nah, dalam artikel kali ini bahan dasar yang digunakan adalah kayu manis. Bahan rempah ini memiliki sifat antiseptik, antiinflamasi, dan antioksidan. Semua kandungan tersebut berguna untuk membersihkan pori-pori dan mengurangi bakteri penyebab jerawat. Tidak hanya itu, sifat antiinflamasi di dalam bahan ini mampu mengatasi kemerahan dan pembengkakan yang menimbulkan rasa nyeri.

Selain menggunakan bahan rempah tersebut, terdapat bahan tambahan yaitu jahe. Bahan yang biasa digunakan sebagai campuran masakan ini memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat serta mencerahkan kulit.

Sementara kulit buah pisang dapat merawat kulit karena kandungan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan. Semua kandungan tersebut dapat mengurangi iritasi pada jerawat, meremajakan sel kulit, dan melembapkan.

Lantas bagaimana cara membuat krim dari bahan-bahan tersebut? Yuk, simak tutorial yang dibagikan oleh pengguna YouTube Aromatalks, Selasa (15/8).

foto: YouTube/Aromatalks

Bahan-bahan:

1. Kayu manis
2. Kulit pisang
3. Jahe
4. Daun oregano kering
5. Shea butter
6. Petroleum jelly
7. Wax.

foto: YouTube/Aromatalks

Cara membuat:

1. Potong jahe menjadi beberapa bagian kecil
2. Masukkan shea butter ke dalam mangkuk
3. Tuangkan satu sendok makan bubuk kayu manis
4. Masukkan jahe dan kulit pisang
5. Campurkan dengan daun oregano
6. Siapkan panci berisi air bersih
7. Masukkan mangkuk berisi bahan-bahan tersebut ke dalam panci
8. Rebus kurang lebih lima menit dan angkat
9. Lalu, dinginkan dan tuangkan ke dalam wadah baru sembari disaring
10. Tambahkan satu sendok makan petroleum jelly dan wax
11. Lalu, aduk semua bahan hingga tercampur rata
12. Simpan ke dalam jar skincare kecil.

foto: YouTube/Aromatalks

Cara menggunakannya:

1. Pastikan wajah dan leher bersih terlebih dahulu
2. Lalu, oleskan krim ini secara merata pada wajah dan leher
3. Biarkan selama satu malam
4. Bilas di pagi harinya.

(brl/wen)