Hilang dalam hitungan jam, ini cara hilangkan bintik hitam di wajah pakai 1 jenis karbo

12 November 2023 11:00 WIB

Brilio.net - Bintik hitam atau hiperpigmentasi merupakan kondisi di mana kulit mengalami perubahan warna berupa titik-titik gelap yang muncul di beberapa area tubuh, seperti tangan dan wajah. Penyebab utamanya dikarenakan adanya paparan sinar matahari yang berlebihan pada kulit.

Sinar UV pada matahari ini jika mengenai kulit secara langsung, bisa merangsang produksi melanin atau pigmen pemberi warna kulit alami. Nah, ketika kulit ini terpapar, melanin mengumpul pada area kulit tertentu. Pada tahapan inilah bintik-bintik hitam mulai terlihat dengan jelas.

Tak hanya itu, hanya disebabkan oleh paparan sinar matahari, penuaan kulit menjadi salah satu penyebab timbulnya bintik hitam. Pasalnya, seiring dengan bertambahnya usia seseorang, produksi melanin tidak menyebar secara merata pada kulit. Ini lah yang menyebabkan hiperpigmentasi muncul.

Untuk menghilangkan bintik hitam di wajah, caranya adalah melakukan perawatan secara rutin. Kamu bisa menggunakan perawat dengan bahan alami. Selain mudah dan murah, bahan alami ini tak kalah ampuh dengan produk skincare.

Kamu hanya perlu dua bahan yaitu kentang dan baking soda. Jenis karbohidrat satu ini mengandung antioksidan, seperti vitamin C yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kandungan itu juga mampu mengurangi peradangan pada kulit. Kandungan enzim katalase di dalam kentang juga bisa memudarkan bintik hitam dan mencerahkan kulit.

Sementara itu, baking soda (natrium bikarbonat) atau soda kue merupakan bahan abrasif lembut yang dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Ini dapat membantu memudarkan bintik hitam dengan menghilangkan lapisan sel kulit mati. Memiliki sifat pembersih, baking soda mampu membersihkan pori-pori dan mengurangi jerawat.

Setelah mengetahui manfaat dari kentang dan baking soda, apakah kamu tertarik menggunakannya? Bagi kamu yang ingin mencoba merawat wajah dengan bahan alami, yuk simak informasi di bawah ini.

foto: YouTube/Hobifun Skincare

Bahan-bahan:

1. 1/2 buah kentang
2. 1 sendok makan baking soda.

foto: YouTube/Hobifun Skincare

Cara membuat:

1. Cuci bersih kentang terlebih dahulu
2. Potong dalam bentuk lapisan atau bagi menjadi dua
3. Taburkan baking soda pada permukaan kentang
4. Aplikasikan pada wajah.

foto: YouTube/Hobifun Skincare

Cara menggunakan:

1. Sebelum diaplikasikan pastikan wajah bersih terlebih dahulu
2. Oleskan kentang yang sudah ditaburi baking soda secara merata pada wajah
3. Gosok-gosok secara perlahan
4. Diamkan kurang lebih tiga menit
5. Bilas menggunakan air biasa
6. Dengan memakai cara di atas, bintik hitam di wajah hilang dengan sekejap.

(brl/wen)