Jadi lembut bak kulit bayi, ini trik hempaskan tumit kaki yang pecah-pecah pakai 1 peralatan rumah

21 Juli 2023 18:10 WIB

Brilio.net - Kulit bayi dari atas kepala hingga ke bagian kaki umumnya sangat mulus dan halus. Saking mulusnya, sampai-sampai di dunia kecantikan, ada perumpamaan ‘memiliki kulit seperti bayi’. Hal ini acap diungkapkan sebagai tolok ukur kehalusan kulit yang diidamkan oleh banyak orang dewasa.

Namun begitu, seiring berjalannya waktu, perubahan pada kondisi kulit manusia memang sulit untuk dihindari. Nah, salah satu bagian tubuh yang biasanya cukup mengalami perubahan drastis adalah bagian tumit dan telapak kaki. Hal ini memang lumrah terjadi, mengingat semakin beranjak dewasa, semakin sering pula kulit seseorang terpapar berbagai aktivitas yang berat, termasuk pada bagian telapak kaki. Apalagi mengingat bahwa kelenjar minyak alami kulit di kaki hanya sedikit, akhirnya telapak kaki orang-orang dewasa ini rentan menjadi kering dan pecah-pecah. Pastinya bikin nggak nyaman bukan?

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan barang dan bahan-bahan yang ada di rumah saja sebagai solusi alami memudarkan retak dan pecah-pecah pada telapak kaki. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan wax pada lilin dan minyak kelapa sebagaimana diperagakan oleh @beglamrs via Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Jumat (21/7).

foto: freepik.com

Lilin umumnya terbuat dari wax bahan alami seperti lemak nabati atau hewani. Beberapa jenis wax tersebut bisa berupa beeswax (lilin lebah) dan soy wax (lilin kedelai). Nah, wax pada lilin ini memiliki sifat yang menahan air sehingga dapat membantu menjaga kelembaban kulit dengan mencegah penguapan air dari permukaan kulit. Selain itu, wax pada lilin juga membantu membentuk lapisan pelindung pada kulit sehingga mengurangi kerusakan lebih lanjut dan memberikan kesempatan bagi kulit untuk pulih. Plus, kandungan lemak alami dalam wax juga membantu melembutkan kulit yang kasar dan kering yang dalam prosesnya akan membuat kulit terasa lebih halus dan sehat.

foto: freepik.com

Minyak kelapa telah lama digunakan sebagai bahan alami dalam banyak perawatan kulit karena khasiatnya. Minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak yang bermanfaat untuk mengunci kelembaban di dalam kulit dan mencegah hilangnya kelembaban akibat penguapan. Selain itu, minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu melawan infeksi dan peradangan pada kulit yang mungkin dapat menyebabkan retakan pada tumit dan telapak kaki.

Nah, kedua bahan di atas ini bisa kamu sulap menjadi racikan yang ampuh mengembalikan kehalusan telapak kaki dengan beberapa langkah sederhana di bawah ini.

Alat dan bahan:

1. 1 lilin putih bening
2. 1 sendok makan minyak kelapa
3. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@beglamrs

1. Masukkan 1 lilin putih murni yang telah dipotong-potong hingga menjadi beberapa bagian kecil ke dalam wadah.
2. Tuangkan pula 1 sendok makan minyak kelapa ke dalam wadah tersebut.
3. Panaskan wadah tadi dengan cara merebusnya di atas air agar wax lilin tadi meleleh sembari diaduk agar rata.
4. Diamkan selama beberapa saat hingga cukup hangat untuk disentuh kulit.
5. Oleskan cairan tersebut ke area telapak kaki dan tumit yang pecah-pecah secara merata.
6. Diamkan selama lebih kurang 15 menit.
7. Kikis cairan yang mengeras tersebut apabila waktunya telah selesai.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Glamrs (@beglamrs)

(brl/wen)