Jadi mulus dan bersih, ini trik hempaskan pori-pori kotor pakai 1 produk fermentasi minuman

27 Juli 2023 18:10 WIB

Brilio.net - Pernah nggak sih kamu melihat ada lubang-lubang kecil di setiap kulit wajah dan badan kamu? Ya, lubang-lubang tersebut umum dikenal dengan sebutan pori-pori, dan setiap bagian tubuh manusia jelas memilikinya dari atas hingga ke bawah.

Pori-pori merupakan bagian dari sistem kelenjar minyak di kulit yang berfungsi untuk mengeluarkan minyak dan keringat dari tubuh. Biasanya nih, kulit yang halus dan mulus pada wajah seseorang itu ditandai dengan kondisi pori-pori kulitnya yang kecil dan terlihat samar. Siapa sih yang nggak mau terlihat seperti itu kan?

Pori-pori yang terlihat besar justru memberikan efek kulit yang kasar dan tidak bersih lho. Faktanya, salah satu penyebab pori-pori membesar adalah produksi minyak berlebih di kulit. Produksi minyak yang berlebih akan membuat pori-pori terbuka lebih lebar dari biasanya.

Dalam prosesnya, seringkali kotoran sel kulit mati dan bakteri pada kulit akan menempel dan terperangkap di area pori-pori sehingga membuatnya menjadi tersumbat dan rentan menjadi komedo hingga jerawat. Nah, produksi minyak berlebih ini pun bisa dipicu berbagai hal, mulai dari paparan polusi dan sinar matahari, konsumsi makanan yang tidak sehat, dan masih banyak lagi.

Eits, kamu yang menghadapi masalah ini nggak perlu bingung. Selain kini kamu bisa mendapatkan berbagai produk skincare yang dikhususkan untuk mengatasi masalah ini, kamu juga bisa lho mengandalkan manfaat kandungan dari bahan-bahan alami. Salah satunya seperti memanfaatkan yogurt yang dipadukan dengan madu. Racikan ini sudah dipraktikkan akun Instagram @priyankacr574, seperti dilansir briliobeauty.net pada Kamis (27/7).

rapat dan bersih
freepik.com

Yogurt telah dikenal sejak zaman dahulu sebagai bahan alami yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kaya akan kandungan asam laktat, protein, vitamin B, kalsium, dan probiotik, yogurt memiliki sifat astringen yang secara aktif membantu merapatkan pori-pori besar pada kulit wajah. Hal ini dikarenakan asam laktat dalam yogurt memiliki sifat sebagai eksfolian alami sehingga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan menstimulasi pembentukan kolagen. Sementara itu, komponen probiotik dan vitamin B di dalamnya juga membantu mengkondisikan kebersihan kulit sekaligus membuatnya menjadi lebih kencang.

rapat dan bersih
freepik.com

Madu adalah bahan alami lain yang dikenal memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan kulit. Kaya akan antioksidan, enzim, vitamin, dan mineral, madu efektif dalam membantu membersihkan pori-pori wajah dari kotoran dan menjaga kulit tetap bersih dan sehat. Selain itu, madu juga memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang bermanfaat dalam mengatasi masalah kulit yang dipicu oleh kotornya pori-pori, salah satunya seperti jerawat.

Nah, kedua bahan alami di atas ini bisa kamu ubah menjadi masker alternatif dengan langkah sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1-2 sendok teh yogurt
2. 1 sendok teh madu
3. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

rapat dan bersih
Instagram/@priyankacr574

1. Masukkan sekitar 1-2 sendok teh yogurt ke dalam wadah kecil
2. Lanjutkan dengan menuangkan sekitar 1 sendok teh madu
3. Aduk rata kedua bahan tadi
4. Setelahnya, aplikasikan masker ini ke bagian wajah yang bermasalah sembari dipijat selama 2 menit
5. Biarkan masker menyerap 15 menit setelahnya
6. Bila waktunya habis, bilas masker hingga bersih
7. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PRIYANKA DIARIES (@priyankacr574)

(brl/ola)