Jangan asal konsumsi, ini 6 bahan makanan yang harus dihindari saat jerawatan ala rekomendasi dokter

01 / 05 / 2024 19:45 WIB

Brilio.net - Munculnya jerawat yang tak diduga-duga mungkin membuat kamu frustasi. Terlebih lagi saat jerawat sedang meradang, hal ini membuat kulit kamu terasa nyeri. Tak hanya itu, terkadang tangan juga ingin memencet jerawat agar cepat hilang. Namun kebiasaan tersebut tidak dianjurkan lantaran bisa bikin bekas jerawat susah hilang.

Jerawat adalah masalah kulit yang disebabkan oleh produksi minyak berlebihan oleh kelenjar sebaceous pada kulit. Ketika minyak berlebihan ini dicampur dengan sel-sel kulit mati, pori-pori dapat tersumbat dan menyebabkan munculnya jerawat.

Penyumbatan tersebut membuat bakteri propionibacterium yang hidup di dalam kulit menjadi aktif dan berkembangbiak. Nah, ketika bakteri ini berkembang biak di dalam pori-pori yang tersumbat, mereka dapat menyebabkan peradangan dan pembentukan jerawat.

Ada banyak cara untuk menghilangkan jerawat, mulai dari menggunakan produk antijerawat dan mengaplikasikan acne patch. Namun semua cara tersebut bisa saja tidak berguna saat kamu salah mengonsumsi makanan. Ada beberapa bahan makanan yang justru bisa memperparah jerawat kamu, lho.

foto: YouTube/@SaddamIsmail

"Berdasarkan penelitian makanan itu memengaruhi hormonal dan juga memengaruhi produksi minyak," jelas Dokter Saddam Ismail, dikutip dari kanal YouTubenya @saddamismail, Rabu (1/5).

Nah, apa saja bahan makanan yang bisa menimbulkan jerawat? Yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube Dokter Saddam Ismail, Rabu (1/5).

1. Cokelat.

Bahan makanan pertama yang bisa bikin jerawat kamu menjadi parah adalah cokelat. Bagi kamu yang suka cokelat mungkin bisa mengurangi konsumsi cokelat. Hal ini dikarenakan cokelat bisa memudahkan bakteri penyebab jerawat untuk menginfeksi, sehingga bisa memicu jerawat meradang dan sulit dihilangkan.

2. Makanan cepat saji.

foto: freepik.com

Siapa nih yang suka makanan cepat saji? Mungkin banyak sebagian orang yang suka mengonsumsi makanan cepat saji karena keterbatasan waktu saat bekerja. Nah, perlu kamu ketahui konsumsi junk food (cepat saji) ini termasuk bahan makanan yang perlu dihindari saat jerawatan.

Pasalnya makanan cepat saji ini mengandung tinggi gula, garam, dan mengandung banyak minyak. Hal tersebut bisa memicu produksi sebum meningkat. Sehingga bisa memengaruhi produksi sebum pada wajah dan bisa menyebabkan pori-pori tersebut. Ujungnya menimbulkan jerawat pada wajah.

3. Produk olahan susu.

Bahan makanan yang harus dihindari saat jerawatan selanjutnya adalah produk olahan susu. Mulai dari yoghurt, es krim, dan susu rendah lemak, serta keju perlu kamu hindari. Jika produk olahan susu ini dikonsumsi dengan makanan tinggi gula, bisa memicu produksi hormon insulin.

Kondisi tersebut bisa memicu kandungan gula pada tubuh menjadi tinggi, sehingga membuat produksi sebum meningkat. Hal tersebut bisa memicu pori-pori kamu tersumbat dan memperparah jerawat.

4. Makanan dan minuman tinggi gula.

Bahan makanan yang harus dihindari saat jerawatan ala rekomendasi dokter berikutnya adalah makanan dan minuman tinggi gula. Salah satu contohnya adalah nasi putih, menurut Dokter Saddam kamu bisa mengurangi porsi nasi putih, mi, dan pasta.

Sedangkan minuman dan kue manis ini harus dihentikan. Hal ini dikarenakan makanan dan minuman tinggi gula ini mengandung glikemik yang tinggi ini bisa mengeluarkan produksi hormon insulin. Sehingga secara langsung bisa memicu produksi sebum pada wajah dan berdampak pada munculnya jerawat.

5. Lemak trans dan whey protein.

Penggunaan minyak trans atau sayur secara berulang-ulang bisa menyebabkan jerawat. Sementara itu, whey protein juga bisa menyebabkan jerawat.

Menurut Dokter Saddam whey protein bisa memicu produksi sebum yang berlebihan. Jika sebum berproduksi melebihi batas batas bisa menyumbat pori-pori.

6. Makanan mengandung omega-6.

Bahan makanan yang harus dihindari saat jerawatan adalah omega-6. Biasanya omega-6 ini banyak ditemui pada jagung dan kedelai.

"Jadi kalau teman-teman mengonsumsi makanan tinggi omega-6 dibandingkan omega-3 ini akan memicu peradangan ya dan timbulnya jerawat. Beda kalau teman-teman mengonsumsi omega-3, efeknya jadi sebaliknya," jelasnya.