Jangan asal pilih, pahami arti besaran SPF dan PA pada sunscreen untuk melindungi kulit dari heat wave

20 / 05 / 2024 14:11 WIB

Brilio.net - Suhu panas yang terjadi di Indonesia bukan disebabkan oleh heatwave. Melansir dari liputan 6, berdasarkan penuturan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menjelaskan, cuaca panas yang terjadi bukan akibat gelombang panas atau heat wave.

Memang gelombang panas saat ini sedang melanda berbagai negara Asia, seperti Thailand yang mencapai suhu 52 derajat celcius. Kamboja dengan suhu udara hingga 43 derajat celcius.

Apa yang terjadi pada Indonesia ialah suhu panas pada umumnya. Salah satu faktornya karena Indonesia diselimuti awan hampir setiap hari. Nah, awan tersebut bisa muncul karena Indonesia secara geografis memiliki banyak lautan.

Walaupun Indonesia tidak mengalami heat wave, kamu harus tetap melindungi kulit dari sinar matahari menggunakan sunscreen yang tepat. Selain melindungi dari sinar matahari, sunscreen juga dipercaya ampuh menjaga kulit dari kerusakan.

Penggunaan sunscreen ini tidak hanya wajib ketika sedang berkegiatan di luar, melainkan pula saat kamu berada di dalam ruangan. Dengan begitu, kulit tetap sehat, awet muda, dan tak mengalami penuaan dini.

Berbicara mengenai sunscreen, produk kecantikan satu ini punya dua sifat, yaitu chemical dan physical sunscreen. Produk sunscreen pun memiliki kandungan SPF yang biasa dituliskan pada kemasan, dengan angka 15, 30, 45, 50, 90, dan 100. Sementara PA pada kemasan ditandai dengan tanda satu hingga empat plus.

 

Arti besaran nilai SPF pada sunscreen.

foto: freepik.com

Angka SPF pada kemasan sunscreen memiliki artinya masing-masing. Semakin tinggi angkanya, tambah besar pula kemampuan dan lama melindungi kulit dari sinar UVB.

Dilansir briliobeauty dari mcgill.ca pada Senin (20/5), berikut ini tingkat perlindungan SPF yang kamu ketahui, antara lain:

- SPF 15 melindungi dari 93% sinar UVB
- SPF 30 melindungi dari 97% sinar UVB
- SPF 50% melindungi dari 97% sinar UVB

Memakai sunscreen dengan SPF 30, kemungkinan sinar UV masih bisa masuk ke kulit hingga 3%. Jika kamu menggunakan sunscreen SPF 50, sinar UV bisa masuk ke kulit hanya 2%.

Arti besaran nilai PA pada sunscreen.

foto: freepik.com

PA atau Protection Grade of UVA berfungsi mengukur kemampuan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA. Dilansir dari vinmec.com, PA atau PFA, singkatan dari Protection Factor of UVA.

Semua sunscreen PA++ bisa melindungi kulit dari matahari hingga empat hingga 8 jam. Sunscreen PA +++, bisa melindungi kulit sampai 12 jam. Kemudian tipe sunscreen PA++++, bisa bertahan selama 16 jam.

Tidak cuma terkait waktu, ada arti lain dari PA pada sunscreen yang perlu kamu ketahui.

- PA+ mempunyai kemampuan memblok sinar UVA sebesar 40-50%
- PA++ lebih baik dalam memblok sinar UVA, hingga 60-70% dan bisa selama 4-6 jam
- PA+++ menjadi perlindungan UVA yang baik hingga 90% selama 8-12 jam
- PA++++: Perlindungan UVA yang terbaik, hingga lebih dari 95% selama 16 jam.

Nah, untuk memilih sunscreen yang memiliki perlindungan terbaik, pilihlah kadar PA yang lebih tinggi saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Tidak hanya itu, kamu juga perlu memerhatikan kecocokan tabir surya dengan jenis kulit.