Jangan cuma asal tempel, ini urutan pakai sheet mask yang tepat agar wajah auto glowing

28 Agustus 2024 09:10 WIB

Brilio.net - Sheet mask adalah masker wajah berbentuk lembaran yang direndam dalam serum kaya nutrisi, dirancang untuk memberikan perawatan intensif dalam waktu singkat. Terbuat dari berbagai bahan seperti kertas, kain, atau gel, yang memudahkan untuk ditempelkan di wajah, agar serum meresap ke dalam kulit, memberikan hidrasi dan nutrisi yang dibutuhkan.

Sheet mask menawarkan cara yang praktis dan efektif untuk merawat kulit tanpa harus menghabiskan banyak waktu di salon atau spa. Manfaat dari sheet mask sangat beragam, tergantung pada jenis dan bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Umumnya, sheet mask membantu menghidrasi kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan, mencerahkan warna kulit, dan mengatasi masalah seperti jerawat atau kemerahan.

Bahan-bahan seperti asam hialuronat, vitamin C, dan ekstrak tanaman sering ditemukan dalam sheet mask, masing-masing memberikan manfaat spesifik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kulit setiap orang.

Berkat manfaatnya yang beragam, tak heran jika sheet mask menjadi salah satu produk skincare favorit banyak orang. Namun sayangnya, mayoritas orang memakai sheet mask dengan asal tempel di wajah saja. Padahal, penggunaan sheet mask yang salah membuat manfaatnya kurang efektif lho.

Agar hasilnya efektif dan bikin wajah auto glowing, kamu bisa meniru urutan pakai sheet mask yang dibagikan seorang TikToker dengan nama akun @christinaimmanuel_.

foto: TikTok/@christinaimmanuel_

"5 tips pakai sheet mask yang Aku harap, Aku ketahui lebih awal," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip pada Selasa (27/8).

Sebelum menggunakan sheet mask, pastikan wajah dalam kondisi bersih. Kamu bisa mencuci wajah terlebih dahulu atau menggunakan teknik double cleansing. Lebih lanjut, memasuki urutan pertama, selalu gunakan toner terlebih dahulu sebelum memakai sheet mask. Pasalnya, toner akan membantu essence atau serum yang terkandung dalam sheet mask terserap dengan baik ke dalam kulit.

foto: TikTok/@christinaimmanuel_

Kemudian, tempelkan sheet mask pada wajah dan diamkan selama maksimal 20 menit. Pastikan tidak lebih dari 20 menit, karena justru akan memberikan efek negatif dan malah menarik kelembapan kulit. Kamu bisa memasang timer agar waktu pemakaian sheet mask tidak terlalu lama.

foto: TikTok/@christinaimmanuel_

Ketiga, jangan buang essence atau serum sisa sheet mask. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menutrisi bagian leher, tangan, atau kaki. Keempat, pastikan untuk selalu mengelap wajah menggunakan tisu setelah memakai sheet mask. Bukan tanpa alasan, essence atau serum sheet mask bisa memberikan efek over-moisturize yang justru bisa menyebabkan jerawat.

foto: TikTok/@christinaimmanuel_

Terakhir, aplikasikan pelembap favorit kamu ke seluruh wajah. Kamu juga bisa menggunakan serum terlebih dahulu sebelum memakai pelembap atau moisturizer. Ini dilakukan untuk mengunci kelembapan wajah. Usahakan cari pelembap yang bertekstur thick agar wajah tetap lembap dan kenyal seharian.

foto: TikTok/@christinaimmanuel_

(brl/jad)