Jangan dikelupas, intip trik wanita ini hempas wajah kering bersisik pakai 1 bahan pemanis

4 Februari 2024 08:00 WIB

Brilio.net - Kelembapan kulit merupakan salah satu faktor penting untuk mencapai kulit yang sehat. Hal ini dikarenakan tingkat hidrasi dalam kulit berkaitan dengan kemampuan kulit dalam membentuk lapisan pelindung kulit (skin barrier) yang kuat. Oleh karena itu, faktor kelembapan ini menjadi salah satu langkah kunci untuk mencapai kulit yang bebas dari masalah mengganggu.

Sebaliknya, kulit yang tidak terhidrasi dengan baik lambat laun dapat memicu berbagai masalah kulit. Salah satunya adalah kulit yang kering. Kulit kering adalah kondisi di mana kulit kehilangan kemampuan dalam mengkondisikan kelembapan alaminya akibat minimnya jumlah air dan minyak alami kulit. Masalah ini umumnya disebabkan oleh efek suhu yang tajam seperti paparan sinar matahari atau angin dingin menusuk yang dapat membuat faktor kelembapan tadi menguap dari kulit.

Nah, kulit kering yang tidak diatasi dengan baik dapat berkembang memunculkan kesan kulit bersisik. Kondisi ini terjadi ketika lapisan kulit mati tidak dapat mengelupas dengan baik akibat kurangnya kelembapan dan proses regenerasi yang terganggu. Akibatnya, lapisan kulit mati tersebut menumpuk dan membentuk sisik-sisik yang terlihat kasar dan tidak sehat. Selain menimbulkan rasa gatal dan iritasi, penampilan kulit pun akan menjadi terlihat buruk karenanya.

Dari penjelasan di atas, maka sudah jelas dong betapa pentingnya menjaga kelembapan kulit? Nah, untuk itu, kamu bisa lho mengandalkan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif bagi kamu yang mengalami masalah di atas. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan campuran madu dan kulit jeruk. yang cara pembuatannya ditunjukkan oleh @_mymakeupoftea melalui Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Minggu (4/2).

foto: freepik.com

Madu sejatinya telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk banyak jenis perawatan kulit. Dirangkum dari Style Craze, kandungan glukosa dan fruktosa dalam madu dapat membantu memberi nutrisi mendalam, sehingga akan menjaga kelembapan kulit. Kandungan antioksidan dalam madu juga dapat meminimalisir potensi kerusakan dan meningkatkan elastisitas kulit, sehingga terbebas dari rasa kering dan iritasi.

foto: freepik.com

Mirip seperti daging buahnya, kulit jeruk juga kaya akan kandungan vitamin C (asam askorbat) dan asam sitrat. Komponen vitamin C secara aktif membantu merangsang produksi kolagen di dalam kulit, yang dalam prosesnya akan membuat kulit terasa lebih lembap dan halus. Sementara itu, asam sitrat berperan dalam membantu proses eksfoliasi alami, sehingga efektif mengurangi tampilan kulit yang kasar dan merangsang regenerasi kulit yang lebih baik.

Nah, kedua bahan di atas ini bisa kamu manfaatkan dengan mengikuti petunjuk berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok teh bubuk kulit jeruk
2. 1 sendok teh madu murni
3. Wadah kecil

foto: Instagram/@_mymakeupoftea

Langkah pengerjaan:

1. Kupaslah 1-2 buah jeruk segar dan keringkan kulitnya selama beberapa waktu hingga cukup mengeras.
2. Haluskan kulit jeruk tersebut menggunakan blender untuk mendapatkan bubuknya.
3. Masukkan 1 sendok teh bubuk kulit jeruk itu dalam wadah kecil bersama 1 sendok teh madu murni.
4. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.
5. Gosoklah campuran ini dengan lembut selama beberapa saat ke seluruh area wajah, lalu diamkan sebentar.
6. Bila dirasa cukup, bilas dengan air hangat hingga bersih dari residunya.
7. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mashion (@mashionpk)

(brl/wen)