Jangan langsung beli baru, cara atasi semprotan parfum macet ini cuma butuh 1 alat sederhana

12 / 05 / 2024 08:00 WIB

Brilio.net - Parfum saat ini sudah menjadi barang penting untuk menunjang penampilan. Bahkan, banyak orang menggunakan parfum untuk menunjukkan "kekhasan" dirinya. Parfum sendiri merupakan wewangian yang dihasilkan dari proses ekstraksi bahan-bahan aromatik yang digunakan untuk memberikan aroma wangi bagi tubuh, obyek benda ataupun ruangan.

Parfum yang biasa dijual tidak terdiri dari sepenuhnya minyak esensial murni, melainkan telah melewati proses pencampuran dan pengenceran. Nah, campuran tersebut terdiri dari minyak esensial itu sendiri, air destilasi dan alkohol. Ada berbagai jenis parfum yang biasa ditemui, seperti parfum spray, gel, hingga roll on.

Dari berbagai jenis parfum tersebut, parfum spray adalah salah satu jenis parfum yang paling banyak diminati. Pasalnya, parfum jenis ini memiliki beberapa keunggulan.

Seperti mudah dalam pemakaian, tidak mudah menguap, bahkan antitumpah. Tak cuma itu saja, parfum jenis spray juga lebih mudah untuk di refill atau isi ulang tanpa merusak botolnya.

Meski begitu, ternyata parfum jenis spray juga memiliki kekurangan. Yaitu nozzle spray-nya yang terkadang macet. Macetnya parfum jenis ini sering terjadi ketika parfum tersebut sudah tak digunakan dalam waktu yang lama, sehingga sering kali cairan parfum jadi tak bisa keluar. Tapi terkadang, parfum yang masih baru pun tak menutup kemungkinan juga bisa macet lho.

Nah, jika kamu mengalaminya tak perlu khawatir, tak perlu membuangnya atau membeli produk yang baru. Karena kamu bisa memperbaikinya agar dapat digunakan kembali. Bahkan kamu hanya membutuhkan 1 alat sederhana yang bisa dengan mudah kamu temukan di rumah. Alat sederhana yang dimaksud adalah peniti.

Peniti merupakan alat rumahan yang biasanya digunakan saat memakai jilbab, baju, atau kain yang lainnya. Nyatanya, alat sederhana ini juga bisa membantu memperbaiki parfum yang macet lho.

Peniti akan membantu membersihkan kotoran atau partikel yang menyumbat selang atau nozzle parfum. Pasalnya, seperti yang diketahui bahwa parfum spray yang macet biasanya tersumbat dengan partikel parfum yang membeku atau kotoran yang menghalangi saluran keluarnya parfum.

foto: TikTok/@aromazing_

Caranya, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @aromazing_, berikut ini, Sabtu (11/5).

Bahan:

- Peniti yang bersih
- Parfum spray yang macet

foto: TikTok/@aromazing_

Cara memperbaiki:

1. Buka bagian alat penekan parfum tau nozzle yang terdapat dibagian atas botol parfum.
2. Gunakan peniti atau jarum lainnya untuk menusuk bagian selang (saluran) pada semprotan botol parfum.
3. Tusuk beberapa kali lalu pasang kembali tutup penekan pada botol parfum seperti semula.
4. Coba dengan cara menyemprotkannya seperti saat menggunakan parfum.
5. Apabila masih macet atau belum lancar, kamu bisa mengulangi cara yang sama sampai parfum bisa digunakan kembali.

foto: TikTok/@aromazing_