Jangan tertipu, ini 7 cara membedakan produk skincare asli dan palsu agar uang tak terbuang sia-sia

12 Agustus 2024 20:25 WIB

Brilio.net - Maraknya produk skincare baru yang beredar di media sosial sering kali membuat konsumen merasa bingung dan khawatir akan keaslian produk yang mereka beli. Media sosial menjadi platform utama bagi merek skincare untuk mempromosikan produk terbaru mereka, namun tidak jarang juga menjadi sarana bagi produk palsu untuk menyusup ke pasar.

Agar tak ketipu, penting untuk memahami cara membedakan produk skincare asli dan palsu. Banyaknya iklan skincare di media sosial memberikan janji yang meyakinkan, membuat kamu berisiko membeli produk yang tidak aman. Informasi mengenai produk skincare di media sosial bisa sangat bervariasi, dari ulasan positif yang diposting oleh influencer hingga penawaran dengan harga miring.

Agar kamu tak tertipu dengan produk palsu, berikut ini ada 7 cara membedakan produk skincare asli dan palsu, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (12/8).

1. Periksa kemasan dan label.

foto: freepik.com

Cara paling sederhana untuk membedakan produk skincare asli dan palsu adalah memeriksa kemasan dan labelnya. Produk asli biasanya memiliki kemasan yang rapi, berkualitas tinggi, dan konsisten dengan standar merek tersebut.

Kamu bisa memeriksa apakah ada kesalahan penulisan atau desain yang tidak sesuai dengan produk asli. Pada label, pastikan semua informasi seperti nama produk, bahan, dan tanggal kadaluwarsa dicetak dengan jelas. Produk palsu seringkali memiliki label yang buram atau kesalahan ketik.

2. Cek kode batch dan tanggal kadaluarsa.

Kode batch dan tanggal kadaluarsa pada kemasan produk skincare juga dapat memberikan petunjuk tentang keasliannya. Melansir dari Healthline, Jumat (9/8) produk skincare asli biasanya mencantumkan kode batch yang dapat digunakan untuk melacak produk tersebut. Sedangkan produk palsu mungkin tidak memiliki informasi ini atau informasi yang tidak valid.

Nah, kamu dapat memeriksa tanggal kadaluarsa untuk memastikan produk masih dalam masa pakai dan aman digunakan. Jika produk tidak memiliki informasi ini atau terlihat tidak sesuai, bisa jadi itu adalah produk palsu.

3. Perhatikan harga dan tempat pembelian.

foto: freepik.com

Harga yang terlalu murah dibandingkan dengan harga pasar bisa menjadi indikator produk skincare palsu. Jika penawaran terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, kemungkinan besar produk tersebut palsu.

Selalu beli produk skincare dari pengecer terpercaya atau situs web resmi merek untuk menghindari risiko mendapatkan produk palsu. Hindari membeli dari penjual tidak dikenal atau pasar online yang tidak memiliki reputasi baik.

4. Periksa aroma dan konsistensi.

Produk skincare asli biasanya memiliki aroma dan konsistensi yang konsisten dengan deskripsi produk. Jika produk skincare kamu memiliki bau tidak biasa atau konsistensi berbeda dari yang diharapkan, ini bisa menjadi tanda bahwa produk tersebut palsu atau telah rusak. Produk palsu sering kali menggunakan bahan-bahan berkualitas rendah yang dapat mengubah aroma dan konsistensi.

5. Gunakan aplikasi pemindai kode QR.

foto: freepik.com

Beberapa merek telah mengimplementasikan teknologi pemindai kode QR pada kemasan produk mereka. Dengan menggunakan aplikasi pemindai kode QR, kamu dapat memverifikasi keaslian produk dengan memindai kode pada kemasan.

Aplikasi ini mengarahkan kamu ke situs web resmi atau informasi lain yang dapat mengonfirmasi bahwa produk tersebut asli. Pastikan untuk memeriksa apakah merek yang dibeli memiliki sistem verifikasi seperti ini.

6. Cek situs web resmi dan layanan pelanggan.

Kunjungi situs web resmi merek skincare untuk memeriksa informasi tentang cara membedakan produk asli dan palsu. Banyak merek menyediakan panduan untuk membantu konsumen mengidentifikasi produk mereka yang asli.

Jika ragu tentang keaslian produk, kamu juga dapat menghubungi layanan pelanggan merek untuk memverifikasi produk tersebut. Merek dari brand asli biasanya dengan senang hati membantu memverifikasi keaslian produk.

7. Baca ulasan dan testimoni.

foto: freepik.com

Sebelum membeli produk skincare, luangkan waktu untuk membaca ulasan dan testimoni dari pengguna lain. Ulasan yang diberikan oleh konsumen lain dapat memberikan wawasan tentang kualitas dan keaslian produk.

Produk palsu sering kali mendapatkan ulasan negatif dari pengguna yang mengalami masalah kulit atau efek samping. Cek juga forum atau komunitas kecantikan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang keaslian produk.

(brl/lea)