Kenapa kulit susah putih padahal sudah pakai skincare? Kenali 7 penyebab dan cara mengatasinya

6 Agustus 2024 17:10 WIB

Brilio.net - Wajah yang tampil glowing dan cerah, pastinya menjadi dambaan bagi semua orang. Pasalnya, tampilan wajah glowing membuat mereka tampil sempurna. Meski sudah menggunakan berbagai produk skincare, seringkali hasil yang diinginkan tak kunjung datang. Pertanyaan yang kerap muncul adalah kenapa kulit susah putih padahal sudah pakai skincare? Ternyata, banyak faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas produk skincare dan hasil yang didapatkan.

Agar kamu tak sia-sia menggunakan produk skincare , kamu perlu mengetahui apa saja penyebab yang memengaruhi kenapa skincare tidak membuat wajah jadi cerah. Sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, beriku ini ada 7 penyebab dan cara mengatasinya, Selasa (6/8).

1. Penggunaan produk yang tidak tepat.

foto: freepik.com

Penyebab utama kenapa kulit susah putih padahal sudah pakai skincare adalah penggunaan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit atau masalah kulit yang dihadapi. Misalnya, produk yang terlalu berat atau berminyak bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Mengatasi masalah tersebut kamu perlu mengetahui jenis dan masalah kulit. Pilihlah produk skincare yang diformulasikan khusus untuk kebutuhan kulit kamu.

2. Kurang konsisten dalam penggunaan.

foto: freepik.com

Skincare memerlukan konsistensi. Perlu kamu ketahui, menggunakan produk hanya sesekali tidak akan memberikan hasil yang diinginkan. Kulit membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan produk baru dan menunjukkan perbaikan.

Sebagai solusinya, kamu perlu membuat rutinitas skincare yang teratur dengan disiplin. Biasanya, hasil signifikan mulai terlihat setelah 4-6 minggu penggunaan rutin.

3. Pengaruh polusi dan radikal bebas.

foto: freepik.com

Polusi udara dan radikal bebas dapat merusak kulit dan menghambat proses pencerahan. Partikel polusi dapat menembus lapisan kulit, menyebabkan oksidasi dan membuat kulit tampak kusam.

Sementara itu, agar kulit tak mudah terkena paparan radikal bebas kamu bisa menggunakan produk yang mengandung antioksidan, seperti vitamin C atau E yang membantu melawan radikal bebas. Jangan lupa untuk membersihkan wajah secara menyeluruh setiap hari.

4. Tidak menggunakan tabir surya.

foto: freepik.com

Paparan sinar matahari juga memainkan peran besar dalam mencegah kulit menjadi cerah. Tanpa perlindungan yang memadai dari tabir surya, sinar UV dapat merusak kulit dan menghambat proses pencerahan. Selain itu, polusi dan radikal bebas dari lingkungan juga dapat menyebabkan kulit tampak kusam dan tidak bercahaya.

Agar hal tersebut tidak terjadi, kamu disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari. Bahkan saat cuaca mendung atau kamu berada di dalam ruangan.

5. Kurang eksfoliasi.

foto: freepik.com

Paparan radikal bebas setiap hari membuat sel-sel kulit mati menumpuk di permukaan kulit. Hal ini menyebabkan kulit tampak kusam dan tidak merata. Nah, kurangnya perawatan eksfoliasi membuat sels-sel kulit semakin menumpuk dan menutup pori-pori kulit. Maka dari itu, skincare tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Perlu kamu ketahui, eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel kulit baru. Lakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu dengan produk yang sesuai untuk jenis kulit, seperti scrub lembut atau chemical exfoliant yang mengandung AHA atau BHA.

6. Faktor genetik.

foto: freepik.com

Genetik juga memainkan peran besar dalam menentukan warna kulit seseorang. Beberapa orang secara alami memiliki kulit yang lebih gelap atau lebih sulit untuk menjadi lebih cerah.

Sebagai solusinya, kamu perlu fokus pada perawatan kulit yang sehat dan bercahaya sesuai dengan warna kulit alami. Jangan berusaha memutihkan kulit melebihi warna asli karena bisa mengalami iritasi ataupun alergi.

7. Gaya hidup dan kebiasaan buruk.

foto: freepik.com

Kebiasaan seperti merokok, kurang tidur, dan pola makan yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Merokok, misalnya, dapat mempercepat proses penuaan dan membuat kulit tampak kusam.

Agar wajah sehat dan tampak bercahaya, terapkan gaya hidup sehat dengan tidur cukup, makan makanan bergizi, minum banyak air, dan hindari kebiasaan buruk seperti merokok.

(brl/wen)