Kerap jadi campuran serum pencerah, kenali apa itu kandungan skincare tranexamic acid untuk wajah

7 Agustus 2024 05:45 WIB

Brilio.net - Semakin bertambahnya teknologi di bidang kecantikan, kini terdapat berbagai bahan kandungan aktif yang bisa mengatasi masalah wajah seseorang. Mulai dari menghilangkan flek hitam akibat penuaan, bekas jerawat, hingga mencerahkan kulit kusam. Salah satu bahan yang bisa mengatasi semua masalah tersebut adalah tranexamic acid.

Apa itu kandungan skincare tranexamic acid?

Tranexamic acid adalah turunan sintetis dari asam amino lisin. Awalnya, bahan ini digunakan dalam dunia medis untuk mengatasi pendarahan berlebih, seperti operasi besar, perdarahan postpartum, dan perdarahan menstruasi berat.

Namun, penelitian yang dilakukan lebih lanjut menemukan bahwa tranexamic acid juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit. Terlebih lagi jika digunakan untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi.

Menurut dokter Joshua Zeichner, Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di Dermatologi Mount Sinai Hospital, yang dikutip briliobeauty.net dari Healthline, tranexamic acid bekerja dengan menghambat proses yang menyebabkan pigmentasi kulit berlebih. Hal ini menjadikan kandungan skincare tranexamic acid sebagai pilihan yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah pigmentasi kulit.

Manfaat kandungan skincare tranexamic acid untuk wajah.

foto: freepik.com

Tranexamic acid tak hanya bisa mencerahkan kulit, ada sejumlah manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan. Nah penasaran dengan manfaat dari tranexamic acid untuk wajah? Berikut ini manfaatnya sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/8).

1. Mencerahkan kulit.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menunjukkan bahwa tranexamic acid efektif dalam mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Hal ini dikarenakan asam pada tranexamic acid bisa mengganggu produksi melanin.

2. Mengatasi melasma.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology menemukan bahwa penggunaan topikal tranexamic acid dapat secara signifikan mengurangi melasma.

3. Menyamarkan bekas jerawat.

Kandungan skincare tranexamic acid juga efektif dalam mengurangi hiperpigmentasi pasca inflamasi, seperti bekas jerawat.

4. Meratakan warna kulit.

Tranexamic acid membantu meratakan warna kulit secara keseluruhan, memberikan tampilan yang lebih cerah dan seragam. Selain itu, tranexamic acid juga memberikan manfaat memudarkan bintik hitam akibat sinar matahari. Tranexamic acid bekerja dengan cara mengurangi kemerahan, pembengkakan, dan bintik hitam di sekitar wajah.

5. Antiinflamasi.

Selain efek pencerahnya, tranexamic acid juga memiliki sifat antiinflamasi yang membantu menenangkan kulit iritasi.

Cara kerja kandungan skincare tranexamic acid.

foto: freepik.com

Diklaim bisa mengatasi hiperpigmentasi, pastinya tranexamic acid memiliki cara kerja berbeda dengan bahan kandungan lainnya. Mengutip dari Allure, tranexamic acid menghambat transfer melanin dari melanosit (sel penghasil pigmen) ke keratinosit (sel kulit di lapisan atas).

Selain itu, tranexamic acid juga mengurangi produksi melanin dengan menghambat aktivitas enzim tirosinase yang berperan penting dalam pembentukan melanin.

Selanjutnya tranexamic acid menekan inflamasi. Maka dari itu, sifat antiinflamasi tranexamic acid bisa membantu mengurangi peradangan yang dapat memicu hiperpigmentasi.

Cara menggunakan kandungan skincare tranexamic acid.

foto: freepik.com

Mengutip dari Byrdie, cara menggunakan produk skincare tranexamic acid bisa dipakai pada malam dan pagi hari. Hal ini tergantung pada formulasi produk dan rutinitas skincare.

Sebelum menggunakan produk skincare tranexamic acid, kamu perlu mengetahui beberapa trik, antara lain:

1. Mulai dengan konsentrasi rendah dan tingkatkan secara bertahap untuk menghindari iritasi.

2. Gunakan setelah membersihkan wajah dan sebelum pelembap.

3. Kombinasikan dengan sunscreen di siang hari untuk hasil optimal.

4. Bisa dikombinasikan dengan bahan pencerah lain seperti vitamin C atau niacinamide.

5. Perlu diingat bahwa meskipun tranexamic acid umumnya aman untuk semua jenis kulit, selalu disarankan untuk melakukan patch test sebelum menggunakan produk baru.

(brl/jad)