Kerutan dan flek hitam auto pudar, wanita ini bagikan cara bikin peel off mask pakai 3 bahan alami

10 Juli 2024 16:10 WIB

Brilio.net - Kerutan dan flek hitam merupakan kedua tanda penuaan yang biasa muncul, ketika usia sudah memasuki 40 tahun ke atas. Melansir dari Medical News Today, Rabu (10/7) kerutan dan flek hitam bisa muncul karena disebabkan beberapa faktor. Salah satunya adalah paparan sinar matahari yang berlebihan.

Sinar matahari bisa merusak produksi kolagen dan elastin di dalam kulit. Tak cuma itu, sinar matahari juga mampu meningkatkan produksi melanin. Maka dari itu, kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari berisiko tinggi mengalami kerutan dan flek hitam.

Kebiasan buruk seperti halnya merokok juga dapat menimbulkan kerutan. Merokok mampu mempercepat penuaan pada kulit, lantaran mengurangi suplai darah dalam kulit. Hal ini bisa menyebabkan munculnya kerutan.

Dengan mengetahui penyebab utama kerutan dan flek hitam, kamu bisa mulai mencegahnya. Mulai dari mengurangi merokok dan mengaplikasikan sunscreen setiap hari. Selain itu, kamu perlu melakukan perawatan secara rutin, salah satunya dengan menggunakan peel off mask yang terbuat dari bahan alami.

Cara inilah yang dilakukan pengguna Instagram @beauty.and.diy06. Lewat unggahan reels, ia memanfaatkan tisu dan bahan alami yaitu kopi bubuk, yoghurt, dan rosewater. Nggak sampai 1 jam, kamu bisa membuat masker dari bahan alami sendiri di rumah. Berikut langkah-langkahnya dilansir briliobeauty.net dari Instagram @beauty.and.diy06, Rabu (10/7).

Bahan:

foto: Instagram/@beauty.and.diy06

- 4 hingga 5 lembar tisu
- 1 sendok makan kopi bubuk
- 2 sendok makan yoghurt
- Rosewater beberapa tetes.

Cara membuat:

foto: Instagram/@beauty.and.diy06

1. Siapkan mangkuk bersih.
2. Masukkan kopi bubuk.
3. Tuangkan yoghurt dan rosewater ke dalam mangkuk.
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
5. Masker siap kamu aplikasikan.

Cara menggunakan:

1. Bersihkan wajah kamu terlebih dahulu
2. Oleskan masker pada wajah
3. Timpa dengan tisu dan oleskan lagi
4. Tunggu hingga masker mengering
5. Lepas masker secara perlahan
6. Bilas menggunakan air biasa
7. Ulangi penggunaan masker secara rutin agar kerutan dan flek hitam memudarkan.

Manfaat dari kopi dan yoghurt untuk wajah.

foto: Freepik.com

Perpaduan kopi dan yoghurt kerap dijadikan untuk perawatan wajah. Mulai dari memutihkan kulit sampai menghilangkan kerutan dan flek hitam wajah. Melansir dari Healthline, Rabu (10/7), kopi punya manfaat antiaging yang bisa mencegah munculnya flek hitam dan kerutan. Adanya vitamin B3 dalam kopi mampu mencegah kanker kulit.

Sedangkan yoghurt dipercaya bisa melembapkan kulit. Adanya kandungan asam laktat dalam yoghurt mampu mencerahkan flek hitam dan menghambat produksi melanin. Tak cuma itu, yoghurt juga diklaim bisa meningkatkan elastisitas kulit, sehingga membuat kulit jadi lebih kencang.

(brl/psa)