Kerutan pudar tanpa retinol, ini trik bikin wajah kendur jadi kenyal pakai 1 bahan lalapan

5 Februari 2024 21:45 WIB

Brilio.net - Proses penuaan pada dasarnya mengacu pada penurunan aspek fungsi organ tubuh yang dialami seseorang dalam menunjang aktivitas tubuh. Pada kulit sendiri, sebagai organ tubuh terbesar, penuaan melibatkan hilangnya elastisitas dan kekenyalan kulit sehingga membuatnya menjadi kendur. Kulit yang kendur ini lama-kelamaan juga akan memicu munculnya kerutan berupa keriput dan garis-garis halus.

Mengapa kulit menjadi kendur saat penuaan? Ini terkait dengan produksi kolagen dan elastin, dua jenis protein penting yang menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dan elastin dalam kulit berkurang, menyebabkan hilangnya kekencangan dan kelembapan alami. Akibatnya, struktur kulit wajah melemah dan memunculkan efek kerutan yang telah disebutkan sebelumnya.

Walaupun penuaan umumnya terjadi ketika seseorang memasuki usia 40 tahun, kemunculan tanda-tandanya bisa timbul lebih cepat apabila seseorang mengalami penuaan dini. Kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh paparan sinar matahari, polusi udara, serta gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok yang sama-sama merusak kulit. Bahkan, kebiasaan stres dan kurang tidur dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit, sehingga mempercepat proses penuaan.



Berangkat dari hal tersebut, maka penting bagi kamu melakukan tindakan preventif untuk memperlambat tanda-tanda penuaan. Selain memanfaatkan skincare dengan kandungan retinol, kamu juga bisa menggunakan bahan alami yang tentunya lebih gampang didapatkan dengan harga yang terjangkau. Salah satunya ialah menggunakan campuran mentimun dan aloe vera, sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari @linds_odonnell di Instagram pada Rabu (31/1).

foto: freepik.com

Dirangkum dari laman Geneva Naturals, mentimun sejatinya memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga menjadi bahan yang efektif menghidrasi kulit secara mendalam dan membantu menstimulasi pembentukan kolagen. Selain itu, timun juga mengandung senyawa antioksidan seperti vitamin C yang membantu merangsang proses pertumbuhan sel kulit baru. Kualitas astringen pada timun juga membantu menenangkan dan mengencangkan kesan kulit yang kendur dan penuh kerutan.

foto: freepik.com

Gel lidah buaya sendiri telah lama dikenal kaya akan banyak senyawa bermanfaat, termasuk diantaranya vitamin (A, C, dan E), mineral, enzim, asam amino, dan polisakarida. Melaluinya, aloe vera dapat menghidrasi kulit secara mendalam dan merangsang produksi kolagen dalam kulit. Selain itu, kandungan air yang tinggi pada aloe vera juga membantu memberikan hidrasi pada kulit, membuatnya terasa lebih segar dan kenyal.

Alat dan bahan:

1. 2 Sendok makan gel aloe vera
2. 1 Buah mentimun segar
3. Blender
4. Cetakan es

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@linds_odonnell

1. Potonglah 1 buah mentimun segar menjadi beberapa bagian kecil, lalu masukkan dalam blender.
2. Tambahkan sedikit gel aloe vera pula dalam blender tadi, lalu haluskan hingga merata.
3. Setelahnya, masukkan campuran ini ke dalam cetakan es dan bekukan dalam kulkas.
4. Bila sudah membeku, ambil 1 bongkah es tersebut dan oleskan ke wajah sembari dipijat lembut.
5. Lakukan hingga es tersebut mencair, lalu diamkan selama maksimal 20 menit setelahnya.
6. Bila dirasa cukup, bilas dengan air hingga bersih dari residu.
7. Gunakan rutin setiap hari pada pagi atau malam untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by LINDSAY O’DONNELL (@linds_odonnell)

(brl/far)