Kisah perjuangan cewek lepas dari krim dokter, efeknya bikin kapok pakai skincare mengandung steroid

8 Agustus 2024 22:10 WIB

Brilio.net - Skincare merupakan rangkaian perawatan yang dirancang untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan serta penampilan kulit. Tujuan utama dari penggunaan skincare adalah untuk menjaga kulit tetap bersih, lembap, dan terlindungi dari faktor-faktor eksternal yang dapat menyebabkan kerusakan.

Selain itu, skincare juga berfungsi mengatasi masalah kulit tertentu, seperti jerawat, penuaan, atau hiperpigmentasi, dengan menggunakan produk yang mengandung bahan aktif khusus untuk memperbaiki kondisi tersebut. Nah, salah satu kandungan skincare yang sering digunakan adalah steroid.

Skincare yang mengandung steroid dapat memberikan efek yang cepat dan efektif dalam mengatasi masalah kulit seperti peradangan, eksim, atau ruam. Namun, jika digunakan secara sembarangan atau dalam jangka panjang dapat menimbulkan berbagai risiko bagi kesehatan kulit.

Skincare dengan kandungan steroid, meskipun efektif dalam mengurangi peradangan, dapat menyebabkan efek samping serius jika digunakan secara berlebihan atau tanpa pengawasan medis. Seperti kisah yang dialami pengguna TikTok @leovit, yang wajahnya langsung mengalami breakout hingga meradang karena ketergantungan dengan skincare steroid.

"semangat untuk diriku sendiri ..yuk bisa yuu pasti sembuh kyk biasanya. Semangat yang lagi berjuang lepas dari cream Dokter kalian pasti pulih kembali .. JANGAN PERNAH TAKUT," tulisnya dalam keterangan yang dikutip briliobeauty.net, Kamis (8/8).

foto: TikTok/@leovit

Lewat unggahannya tersebut, pemilik akun membagikan kondisi wajahnya yang tampak mulus setelah kurang lebih 3 tahun memakai krim dokter. Merasa ketergantungan, ia akhirnya memutuskan untuk berhenti memakai krim dokter tersebut. Alhasil, wajahnya jadi breakout hingga tampak kemerahan.

Usai mencari banyak informasi, ternyata kondisi wajahnya itu disebut dengan Dermatitis Perioral. Kondisi kulitnya tersebut diakibatkan karena penggunaan skincare dengan kandungan steroid dalam jangka waktu panjang.

foto: TikTok/@leovit

"Karna udh ketergantungan jadi setiap 3-4 hari gak pake krim mlm mlm muncul ruam bintik merah beruntusan disekitar dagu mulut hidung. setiap mencoba berhenti pake krim selalu insecure butuh mental yang kuat karna malu dll," kata pemilik akun.

Dikarenakan sudah tidak tahan dengan kondisi wajahnya tersebut, pemilik akun akhirnya memakai skincare-nya kembali. Ajaibnya, setelah 2 hari memakai skincare dengan kandungan steroid, beruntusan dan breakout di wajahnya langsung menghilang.

foto: TikTok/@leovit

Meski begitu, pemilik akun tetap ingin berhenti menggunakan skincare mengandung steroid tersebut. Namun setelah 4 hari berhenti, kondisi wajahnya tampak semakin parah. Bahkan beruntusan di wajahnya jadi meradang dan kemerahan. Setelah hari kelima dan keenam, kondisi wajahnya semakin parah, hingga merasa gatal, perih, dan panas.

foto: TikTok/@leovit

Kisah nyesek pemilik akun yang memutuskan berhenti memakai skincare steroid ini langsung viral. Hingga saat ini, videonya sudah ditonton lebih dari 173,8 ribu kali dan menuai berbagai komentar dari warganet.

"aku dalam Pase ini kak tapi Alhamdulillah aku sembuh bisa lewati dermatitis perioral itu ga gampang semangat," kata akun @putryutami09.

"guys saran ya. karna aku pake cream dari DR jg. skrng udah lepas ngk brekout parah. kalo mau lepas pake sistem selang seling yaa insyallah aman," ungkap akun @marlina_arw.

"Persis sama kayak wajahku dua tahun lalu, yaampun stress bgt pas lagi kayak gitu. Semangat kak," celetuk akun @nafataulfa.

(brl/jad)