Kombinasi beras dan 1 bahan pemanis ini bisa atasi jerawat serta komedo di wajah, begini cara pakainya

21 September 2024 15:00 WIB

Brilio.net - Jerawat dan komedo adalah masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang, terutama remaja dan dewasa. Meskipun biasanya tidak berbahaya, keberadaan jerawat dan komedo dapat memengaruhi kepercayaan diri. Jerawat muncul ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, sel-sel kulit mati, dan bakteri.

Proses ini sering dipicu oleh perubahan hormonal, terutama selama masa pubertas, menstruasi, atau stres. Di sisi lain, komedo adalah jenis jerawat yang muncul ketika pori-pori terbuka terisi minyak dan sel-sel mati, yang kemudian teroksidasi dan menjadi hitam. Ada dua jenis komedo, komedo terbuka (blackhead) dan komedo tertutup (whitehead).

Kebersihan kulit yang buruk, penggunaan produk kosmetik yang tidak tepat, dan pola makan yang tidak sehat juga dapat memperburuk kondisi ini. Selain itu, kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor juga dapat menyebabkan penumpukan bakteri, yang dapat memperburuk jerawat.

Untuk mengatasinya, kebanyakan orang akan menggunakan skincare khusus yang memang diformulasikan untuk jerawat dan komedo. Namun tak sedikit juga yang justru memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @glowupwithmeem.

foto: TikTok/@glowupwithmeem

Lewat unggahannya itu, pemilik akun menggunakan kombinasi beras dan 1 bahan pemanis guna mengatasi jerawat serta komedo di wajah. Bahan pemanis yang dimaksud adalah madu. Yuk, simak cara membuat dan memakainya berikut ini, yang briliobeauty.net lansir pada Sabtu (21/9).

Bahan:

- 1 cup beras
- Air secukupnya
- Madu secukupnya

foto: TikTok/@glowupwithmeem

Cara membuat dan memakai:

1. Cuci beras sampai bersih
2. Masak beras menggunakan air hingga mendidih
3. Masukkan beras yang sudah dimasak pada blender, lalu tambahkan madu
4. Blender kedua bahan tersebut sampai benar-benar halus seperti pasta
5. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
6. Diamkan selama 10-15 menit
7. Bilas menggunakan air sampai bersih
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang mulus bebas jerawat dan komedo

foto: TikTok/@glowupwithmeem

Kandungan beras untuk mengatasi jerawat dan komedo di wajah.

Beras telah digunakan sebagai bahan alami dalam perawatan kulit selama berabad-abad, terutama di Asia. Salah satu alasan mengapa beras efektif dalam mengatasi jerawat dan komedo adalah kemampuannya menyerap minyak berlebih pada kulit. Minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat.

Selain itu, beras kaya akan vitamin B dan E, yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan mencerahkan wajah. Sifat antiinflamasi yang dimiliki beras juga berkontribusi dalam mengurangi kemerahan dan iritasi yang sering menyertai jerawat.

Manfaat madu untuk menenangkan wajah yang berjerawat dan berkomedo.

Sifat antibakteri dan antiradang yang dimiliki madu membantu melawan bakteri penyebab jerawat, mengurangi kemerahan, dan mengatasi peradangan yang sering terjadi pada kulit yang berjerawat. Selain itu, madu juga memiliki kemampuan untuk menjaga kelembapan kulit tanpa menyumbat pori-pori, sehingga membantu mencegah timbulnya komedo.

(brl/jad)