Kombinasi madu dan 1 jenis buah bisa pudarkan bekas jerawat kehitaman di wajah, begini cara pakainya

4 September 2024 10:45 WIB

Brilio.net - Bekas jerawat kehitaman, atau dikenal juga sebagai hiperpigmentasi pasca-inflamasi, adalah kondisi di mana kulit meninggalkan bercak berwarna gelap setelah jerawat sembuh. Hal ini terjadi karena produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit, meningkat sebagai respons terhadap peradangan atau trauma pada kulit. Bekas ini bisa sangat mengganggu, terutama jika terletak di area wajah yang sering terlihat.

Penyebab utama dari bekas jerawat kehitaman adalah peradangan yang terjadi pada jerawat. Ketika jerawat meradang, sel-sel kulit di sekitarnya juga terpengaruh dan mengalami kerusakan. Proses penyembuhan ini seringkali melibatkan peningkatan produksi melanin, yang mengarah pada munculnya bercak gelap pada kulit.

Selain itu, paparan sinar matahari juga dapat memperburuk kondisi ini, karena sinar UV dapat merangsang produksi melanin lebih lanjut dan memperdalam warna bekas jerawat.

Kondisi ini tentu saja dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Tak heran jika banyak yang mencari cara untuk mengatasinya. Seperti melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan skincare tertentu, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Kombinasi madu dan 1 jenis buah bisa pudarkan bekas jerawat kehitaman
TikTok/@glamtayus

Salah satunya yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @glamtayus, yang memakai kombinasi madu dan 1 jenis buah. Buah yang dimaksud adalah perasan lemon. Yuk, simak cara membuat dan memakainya berikut ini, yang briliobeauty.net lansir pada Rabu (4/9).

Bahan:

- 2 sendok makan perasan lemon
- 1 sendok makan madu

Kombinasi madu dan 1 jenis buah bisa pudarkan bekas jerawat kehitaman
TikTok/@glamtayus

Cara membuat dan memakai:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Diamkan selama 20 menit
5. Bilas menggunakan air sampai bersih
6. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
7. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah mulus bebas bekas jerawat.

Kombinasi madu dan 1 jenis buah bisa pudarkan bekas jerawat kehitaman
TikTok/@glamtayus

Kandungan lemon untuk memudarkan bekas jerawat.

Lemon bisa memudarkan bekas jerawat kehitaman di wajah karena kandungan asam sitrat dan vitamin C yang tinggi. Asam sitrat dalam lemon memiliki efek eksfoliasi ringan yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi kulit. Selain itu, vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencerahkan kulit dan mengurangi produksi melanin, pigmen yang menyebabkan bekas jerawat kehitaman.

Manfaat madu untuk mengatasi bekas jerawat kehitaman di wajah.

Madu dapat memudarkan bekas jerawat kehitaman di wajah berkat sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan humektan yang dimilikinya. Kandungan antioksidan dalam madu membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan kulit, sementara sifat antibakterinya dapat mencegah infeksi yang bisa memperburuk bekas jerawat. Selain itu, madu memiliki kemampuan untuk menarik kelembapan ke dalam kulit, menjaga kelembutan dan elastisitas kulit, serta membantu proses regenerasi sel.

(brl/ola)