Kombinasi petroleum jelly dan 1 bahan pemanis bisa atasi komedo putih membandel, begini cara pakainya

24 September 2024 16:30 WIB

Brilio.net - Komedo putih atau milia merupakan masalah kulit yang sering dialami banyak orang. Meskipun tidak berbahaya, keberadaannya dapat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri.

Komedo ini terbentuk ketika pori-pori tersumbat oleh minyak, sel-sel kulit mati, dan kotoran. Proses pembersihan yang tidak tepat dapat membuat komedo ini semakin membandel. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab dan cara efektif mengatasi komedo putih ini.

Komedo putih biasanya muncul di area wajah, seperti di sekitar mata, pipi, dan dahi. Masalah ini lebih sering umum terjadi pada kulit berminyak dan bisa dipicu oleh faktor seperti penggunaan produk kosmetik berat, kebersihan kulit yang kurang, dan kondisi kulit tertentu.

Untuk mengatasi komedo putih, kamu dapat melakukan eksfoliasi secara teratur, menggunakan produk yang mengandung asam salisilat atau retinol, serta menjaga kebersihan kulit. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk memaksimalkan perawatan, guna mengatasi komedo putih di wajah.

foto: TikTok/@bunila20

Sama seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @bunila20. Lewat unggahannya itu, pemilik akun memakai kombinasi petroleum jelly dan 1 bahan pemanis untuk mengatasi komedo putih membandel. Bahan pemanis yang dimaksud adalah gula pasir.

Yuk, simak cara memakainya berikut ini, yang briliobeauty.net lansir pada Selasa (24/9).

Bahan:

- 2 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok makan petroleum jelly

foto: TikTok/@bunila20

Cara membuat dan memakai:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Gosok-gosok dengan lembut menggunakan gerakan memutar (utamakan pada area wajah yang terdapat komedo putih)
5. Lakukan 2-3 menit dan diamkan selama 30 menit
6. Bilas menggunakan air hangat sampai bersih
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
8. Lakukan cara ini dengan rutin 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan wajah mulus bebas komedo.

foto: TikTok/@bunila20

Kandungan gula pasir untuk menghilangkan komedo putih di wajah.

Gula pasir dapat menghilangkan komedo putih di wajah karena sifatnya sebagai eksfoliator alami. Ketika digunakan sebagai scrub, butiran gula mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya komedo. Namun, penting untuk menggunakan scrub ini dengan lembut agar tidak merusak kulit.

Manfaat petroleum jelly untuk mengatasi komedo putih membandel.

Petroleum jelly efektif menghilangkan komedo putih di wajah karena sifatnya mengunci kelembapan dan mencegah kehilangan air dari kulit. Dengan menciptakan lapisan pelindung, petroleum jelly membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga mencegah produksi minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori.

Selain itu, petroleum jelly juga dapat memudahkan pengelupasan sel-sel kulit mati, membuat komedo lebih mudah terangkat saat membersihkan wajah. Namun, penggunaannya harus hati-hati, terutama pada kulit berminyak, karena bisa menyebabkan penyumbatan pori jika digunakan secara berlebihan.

(brl/lut)