Kulit auto cerah dan bebas kusam, ini cara memutihkan wajah pakai 1 jenis bahan masakan

26 Juni 2023 10:00 WIB

Brilio.net - Banyak orang yang menginginkan kulit bersih dan cerah, oleh karena itu berbagai cara dilakukan untuk memutihkan wajah. Pasalnya, beberapa pihak di industri kecantikan saat ini masih menganggap bahwa kecantikan seseorang dapat diukur dari seberapa putih kulit wajahnya. Namun sayangnya, untuk mendapatkan wajah yang putih dan bebas kusam tidaklah mudah.

Pada dasarnya, kulit secara alami menghasilkan melanin yang berperan dalam memberikan warna. Produksi melanin yang meningkat akan mengakibatkan warna kulit yang gelap. Beberapa hal yang memicu peningkatan produksi melanin di antaranya adalah paparan sinar matahari, polusi, dan bakteri.

Pada dasarnya, kamu tak bisa mengubah jumlah melanin yang ada di kulit. Hanya saja, kamu bisa menghilangkan warna kecokelatan dan pigmentasi berlebih yang disebabkan faktor-faktor di atas.

Ada beberapa cara memutihkan wajah yang bisa dilakukan dan kebanyakan berfokus untuk meningkatkan tone warna serta kilau pada kulit. Berbagai produk kecantikan yang tersedia di pasaran pun mengklaim dapat membantu memutihkan wajah. Namun sebagai pilihan yang lebih sehat, kamu bisa mengganti produk-produk berbahan kimia tersebut dengan produk yang lebih alami. Beberapa bahan alami ini bahkan tersedia di dapur.

Salah satunya seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @dorahermin. Dalam unggahan tersebut ia membagikan cara memutihkan wajah pakai 1 jenis bahan masakan. Bahan masakan yang digunakan adalah santan kelapa. Tak hanya itu, pemilik akun juga menggunakan bahan lain yaitu tomat.

"memutihkan kulit," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @dorahermin, Senin (26/6).

foto: freepik.com

Biasanya, santan kelapa identik sebagai bahan campuran untuk makanan atau minuman. Namun ternyata santan kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk membuat masker wajah alami, karena kandungan dalam santan yang bisa melembapkan kulit. Jadi cocok banget nih untuk kamu yang memilki kulit wajah kering dan kusam. Penggunaan santan kelapa secara rutin juga dapat membantu mengembalikan warna cerah alami kulit.

Santan mengandung vitamin C, E, B1, B3, B5, B6, zat besi, selenium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor yang sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit, rambut, bahkan kesehatan secara keseluruhan. Bahkan vitamin C dalam santan bisa menjadikan kulit lebih elastis sehingga memperlambat proses penuaan. Selain jadi pelembap wajah alami, santan juga dapat membantu mendapatkan kembali kulit yang kenyal, glowing, dan elastis.

Sedangkan tomat adalah buah yang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, misalnya menyehatkan jantung hingga mencegah kanker. Tomat juga memiliki beragam manfaat untuk kecantikan lho. Sebagian besar manfaat tomat bagi wajah berasal dari kandungan vitamin C dan antioksidan lainnya. Beragam nutrisi ini disebut bisa merangsang produksi kolagen, mengurangi garis halus, sampai menjaga kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet (UV).

Antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam tomat bisa membantu memutihkan wajah. Dengan begitu, memakai masker tomat pada wajah dapat membuat kulit lebih cerah dan bercahaya sekaligus mengurangi pigmentasi, kusam, dan bintik hitam. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam tomat juga dapat merangsang produksi kolagen. Untuk diketahui, kolagen merupakan protein yang dibutuhkan kulit untuk menjaga elastisitas agar tampak kencang dan awet muda.

Kedua bahan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membuat masker wajah guna memutihkan kulit yang kusam dan gelap. Jika digunakan secara rutin, maka kamu akan mendapatkan wajah yang cerah dan glowing. Yuk, simak cara membuatnya.

foto: TikTok/@dorahermin

Bahan:

1. 1 buah tomat.
2. Santan kelapa secukupnya.

Cara membuat:

foto: TikTok/@dorahermin

1. Cuci tomat hingga bersih.
2. Iris-iris tomat secara horizontal mengikuti bentuknya.
3. Tuangkan santan kelapa pada wadah, kamu bisa menggunakan santan instan atau santan alami yang diperas sendiri.
4. Masukkan tomat yang sudah diiris hingga terendam dalam santan.
5. Aplikasikan pada wajah dengan cara menggosokkan tomat yang sudah dicelupkan pada santan ke seluruh wajah.
6. Gosok dengan gerakan memutar.
7. Diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
8. Gunakan masker ini secara rutin setiap malam untuk hasil yang optimal.

(brl/jad)