Kulit auto mulus dan cerah, begini cara menghilangkan selulit pakai body mask dari 3 bahan alami

29 April 2023 13:20 WIB

Brilio.net - Selain stretch mark selulit juga merupakan salah satu permasalahan kulit umum yang dialami oleh kebanyakan orang. Selulit adalah suatu istilah yang menggambarkan tekstur kulit yang tidak rata, seperti guratan yang berlekuk atau bergelombang. Kondisi ini bukanlah gangguan medis yang berbahaya. Namun orang-orang yang memilikinya dapat merasa terganggu karena alasan estetika.

Selulit terjadi karena distribusi lemak yang tidak tepat, sehingga mengakibatkan terikat ke bawah jaringan kulit yang lebih dalam. Alhasil, permukaan kulit menjadi tidak rata. Selulit paling sering muncul di area paha, pinggul, pantat, payudara atau perut, dan lebih sering terjadi pada wanita daripada pria.

Selulit terbentuk dengan melibatkan jaringan ikat fibrosa yang mengikat kulit ke otot di bawahnya. Jika terdapat sel-sel lemak yang menumpuk di antara kulit dan otot, maka sel lemak tersebut dapat mendorong kulit ke atas. Sementara itu, jaringan ikat menekan kulit ke bawah. Hal ini membuat permukaan kulit tampak tidak rata bahkan terlihat bergelombang.

Saat ini, telah tersedia berbagai perawatan untuk memperbaiki tampilan kulit yang tidak rata akibat selulit. Banyak klinik kecantikan yang menawarkan perawatan untuk mengatasi selulit. Namun, kamu juga bisa lho memanfaatkan bahan-bahan alami untuk menghilangkan selulit. Salah satunya seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok @wendistarling pada (22/12/2020) lalu.


Video yang diunggah itu berisi tentang cara menghilangkan selulit pakai body mask dari 3 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah cuka apel, Indian healing clay (masker tanah liat), dan spirulina.

"my secret weapon to REDUCE cellulite and water retention & INDUCE firmness, softness and better circulation (senjata rahasia saya untuk MENGURANGI selulit dan retensi air & MENDUKUNG kekencangan, kelembutan dan sirkulasi yang lebih baik)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @wendistarling, Sabtu (29/4).


foto: freepik.com

Cuka apel dipercaya memiliki sejuta manfaat. Salah satunya, mampu menghilangkan selulit. Kandungan alkali di dalam cuka apel dapat mengangkat racun yang terjebak di dalam lapisan kulit dan menghilangkan selulit secara alami.

Begitupun dengan Indian healing clay yang merupakan salah satu masker yang sedang hits sebagai penakluk jerawat. Masker ini mengandung 100% lempung bentonit kalsium alami, bebas dari zat aditif, wewangian buatan, atau produk hewani. Selain untuk jerawat, masker tanah liat ini juga bisa menghaluskan kulit dan membantu menyamarkan selulit dan stretch mark.

Sementara spirulina yang berupa ganggang biru-hijau yang dipanen dan dikeringkan untuk nilai kesehatannya. Spirulina kaya akan nutrisi, lipid, dan vitamin A, E, dan K. Ia juga mengandung berbagai mineral seperti zat besi, seng, magnesium, dan kalium.

Berkat kandungan tersebut, seperti yang dikutip dari Livestrong, spirulina bisa mempercepat pergantian ataupun regenerasi sel. Regenerasi kulit dapat membuat kulit tampak lebih halus dengan tekstur lebih lembut. Masker spirulina bisa menjadi eksfoliator untuk membantumu mencapai kulit yang cerah dan mulus. Spirulina juga mengandung asam amino, termasuk glisin dan prolin. Kandungan tersebutlah yang menjaga kulit tetap kencang, sambil mendukung produksi kolagen tubuh lebih maksimal.

Hanya dengan ketiga bahan tersebut kamu bisa lho membuat body mask untuk menghilangkan selulit di kulitmu, namun dengan syarat digunakan secara rutin ya. Kalau begitu, yuk simak cara membuatnya berikut ini.

foto: TikTok/@wendistarling

Bahan:

1. 3-4 sendok makan cuka apel.
2. 3 sendok makan Indian healing clay.
3. 1/2 sendok makan spirulina bubuk.

Cara membuat:

1. Campur bahan-bahan yang sudah disebutkan pada mangkuk lalu aduk sampai merata.
2. Aduk sampai mendapatkan tekstur kental sesuai dengan yang kamu inginkan.
3. Aplikasikan body mask buatanmu pada bagian tubuh yang terdapat selulit, seperti paha, lengan, hingga perut.
4. Diamkan selama 45 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih sembari gosok-gosok dengan gerakan yang lembut.
5. Gunakan secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan kulit yang mulus dan cerah.

foto: TikTok/@wendistarling

Video yang berisi cara menghilangkan selulit pakai body mask dari 3 bahan alami ini viral, sampai artikel ini ditulis videonya sudah dilihat sebanyak 40,3 ribu kali dan memperoleh beberapa komentar.

"Suami saya melakukan ini tanpa spirulina. Itu bekerja untuknya," kata pemilik akun @betherly.

"Ya Tuhan, saya tidak pernah berpikir untuk menambahkan spirulina!!! Keren terima kasih," celetuk akun @thegoddesssydney.

"sepertinya berhasil..," ungkap akun @lentel2469.

(brl/far)