Kulit kembali segar dan glowing, ini trik atasi wajah kusam akibat merokok pakai 1 jenis biji-bijian

11 Juli 2023 14:10 WIB

Brilio.net - Wajah yang kusam tidak hanya disebabkan oleh paparan sinar matahari saja, tapi juga dikarenakan penyebab lainnya. Salah satunya gaya hidup yang tidak sehat, seperti halnya merokok. Nah, kebiasan yang satu ini tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh saja, melainkan bisa membuat kulit menjadi tampak kusam dan tidak fresh.

Sebagai informasi, rokok memiliki kandungan lebih dari 4.000 zat kimia berbahaya, termasuk nikotin, karbon monoksida, dan tar. Adanya kandungan tersebut membuat pembuluh darah menjadi lebih sempit. Dampaknya bisa membuat kulit mengalami kekurangan pasokan oksigen dan nutrisi, sehingga berdampak buruk pada kesehatan dan penampilan kulit.

Di sisi lain, adanya kandungan seperti karbon monoksida yang dilepaskan oleh asap rokok ini bisa menghambat aliran darah ke kulit. Efek dari kondisi ini adalah penurunan produksi kolagen, sehingga kulit menjadi kendur, kering, elastisitas berkurang, dan tampak kusam. Tentunya penampilan wajah yang terlihat kusam dan tidak fresh, membuat tidak percaya diri.

Untuk mencerahkan kulit wajah tersebut, mulailah dengan melakukan perawatan menggunakan toner dan masker yang terbuat dari jenis biji-bijian. Seperti trik yang dibagikan pemilik kanal YouTube Beauty Rituals. Dalam video unggahannya, pemilik video menggunakan biji adas atau jintan hitam.

Kedua biji-bijian tersebut merupakan bahan alami yang mengandung antiaging untuk melawan radikal bebas, mencegah penuaan dini, dan membersihkan kulit. Tidak hanya itu, adanya kandungan asam lemak dalam biji-bijian ini bisa melembapkan dan mengatasi kulit kering. Tak hanya menggunakan bahan itu saja, toner dan masker ini juga terbuat dari rose water, tepung beras, dan kopi bubuk.

Ketiga bahan ini memiliki manfaat dan kandungannya. Pertama, rose water memiliki kegunaan yang bisa melembapkan, mencerahkan, dan mengatasi peradangan. Sedangkan tepung beras berfungsi sebagai eksfoliator alami yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Tidak hanya itu, tepung beras juga bisa mengontrol produksi minyak berlebih.

Sementara itu, bubuk kopi hitam bisa meningkatkan kesehatan kulit. Adanya kafein di dalam kopi ini dapat melindungi kulit dari radikal bebas, mencegah penuaan dini, dan meningkatkan tekstur kulit. Lantas bagaimana cara membuat toner dan masker dari bahan-bahan tersebut? Yuk, simak tutorial yang dibagikan oleh pengguna YouTube Beauty Rituals, dilansir briliobeauty.net pada Selasa (11/7).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/Beauty Rituals

1. Biji adas
2. Air bersih segelas
3. Rosewater
4. Tepung beras
5. Kopi bubuk

Cara membuat toner:

foto: YouTube/Beauty Rituals

1. Masukkan biji adas kurang lebih dua sendok makan
2. Masak biji adas tersebut hingga berubah warna menjadi kuning kehijauan
3. Angkat dan dinginkan biji adas tersebut
4. Saring dan tuangkan air rebusan
5. Masukkan ke dalam gelas kurang lebih lima gelas sendok makan
6. Tuangkan dua sendok makan rose water
7. Berikan beberapa tetes essential oil dan aduk hingga rata
8. Masukkan toner tersebut ke dalam botol spray skincare.

Cara membuat masker:

foto: YouTube/Beauty Rituals

1. Masukkan satu sendok makan tepung beras
2. Campurkan dengan sendok makan bubuk kopi hitam
3. Tuangkan dua sendok makan air rebusan biji ada
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
5. Masukkan ke dalam jar skincare.

Dengan menggunakan cara di atas, toner dan masker dari satu jenis biji-bijian ini siap untuk digunakan. Sementara itu, cara mengaplikasikannya sama dengan masker pada umumnya. Cukup bersihkan wajah terlebih dahulu.

Lalu, oleskan masker tersebut secara merata. Kemudian biarkan kurang lebih 30 menit dan bilas. Jika sudah, keringkan wajah dengan menggunakan handuk atau tisu bersih. Kemudian, aplikasikan toner secara merata, agar wajah jadi lebih lembap dan terhidrasi.

(brl/mal)