Kulit kencang tanpa krim antiaging, ini cara atasi flek hitam dan wajah kendur pakai 1 jenis minyak

28 November 2023 15:10 WIB

Brilio.net - Ketika usia seseorang memasuki 30 tahun, biasanya tanda-tanda penuaan mulai muncul dan mengganggu penampilan. Seperti flek hitam, kerutan, dan wajah yang mulai mengendur. Hal ini dikarenakan komponen kolagen dan elastin pada kulit mulai mengalami penurunan. Sehingga regenerasi kulit mulai melambat.

Selain faktor usia, flek hitam dan wajah kendur juga disebabkan oleh faktor eksternal. Seperti paparan sinar matahari berlebih, gaya hidup yang tidak sehat, polusi, merokok, hingga kurangnya menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah.

Paparan sinar matahari yang berlebih dapat memicu produksi melanin berlebih sebagai upaya perlindungan alami kulit dari efek buruk sinar matahari. Melanin yang berlebih ini akan menghasilkan bercak-bercak kehitaman di beberapa area wajah. Bercak inilah yang disebut dengan flek hitam. Kondisi ini juga disebut dengan hiperpigmentasi.

Meski ini menjadi permasalah umum dan hampir dialami oleh banyak orang, namun adanya flek hitam dan wajah kendur akan membuat penderitanya tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Sebagai solusi, kamu bisa mengatasinya dengan berbagai cara. Mulai dengan menggunakan krim antiaging, perawatan di klinik kecantikan, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Penggunaan bahan-bahan alami tentu menjadi solusi terbaik dan aman. Seperti yang dibagikan pemilik akun TikTok @bodhiparma pada 26 April 2023, memakai 1 jenis minyak, zaitun. Selain itu dia juga menambahkan bahan lain yaitu tepung beras dan teh hijau.

"For getting rid of Wrinkles, dark spots, fine lines, dry skin naturally (Untuk menghilangkan Kerutan, flek hitam, garis halus, kulit kering secara alami)," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @bodhiparma, Selasa (28/11).

Atasi flek hitam dan wajah kendur
freepik.com

Manfaat minyak zaitun untuk kulit diperoleh dari efek antioksidan yang berasal dari kandungan squalene, oleocanthal, dan vitamin E. Beberapa kandungan itu lah yang membuat minyak zaitun efektif untuk melembapkan, mencerahkan, dan mengatasi flek hitam di wajah. Tidak hanya itu, minyak zaitun juga mampu meningkatkan produksi kolagen di kulit.

Sementara tepung beras dipercaya dapat merangsang produksi kolagen yang membantu mengencangkan kulit. Tepung beras akan bekerja sebagai eksfoliator alami yang dapat memudarkan flek hitam pada wajah akibat paparan sinar matahari, berkat kandungan asam ferulic dan allantoin di dalamnya.

Tak terkecuali dengan teh hijau yang juga ampuh dalam mengatasi berbagai permasalahan kulit. Tak terkecuali untuk memudarkan flek hitam dan wajah kendur. Pasalnya teh hijau mengandung antioksidan, seperti epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan ini membantu mencegah wajah kendur dan mengurangi kerutan. Antiinflamasi di dalamnya juga efektif untuk memudarkan flek hitam.

Atasi flek hitam dan wajah kendur
TikTok/@bodhiparma

Hanya dengan ketiga bahan tersebut kamu dapat membuat face oil yang ampuh dalam mengatasi wajah kendur dan mengurangi tampilan flek hitam. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya.

Bahan:

1. 2 sendok makan minyak zaitun
2. 1 sendok makan tepung beras
3. 1 kantung teh hijau

Atasi flek hitam dan wajah kendur
TikTok/@bodhiparma

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan ketiga bahan pada wadah antipanas
2. Aduk ketiganya sampai tercampur merata
3. Panaskan selama 2 menit
4. Setelah 2 menit, matikan kompor kemudian tunggu sampai agak dingin
5. Saring menggunakan kain bersih hingga tersisa minyaknya saja
6. Pindahkan kedalam jar penyimpanan
7. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan wajah benar-benar bersih
8. Aplikasikan face oil pada wajah secara menyeluruh
9. Pijat-pijat dengan lembut selama 2 menit
10. Diamkan selama semalaman
11. Gunakan face oil ini secara rutin setiap hari sebelum tidur untuk mendapatkan wajah yang mulus dan awet muda.

(brl/ola)