Kulit kencang tanpa suntik kolagen, ini cara bikin masker antiaging pakai 1 jenis sayuran

17 November 2023 13:10 WIB

Brilio.net - Saat seseorang mulai memasuki umur 35 tahun, biasanya akan muncul banyak perubahan pada kulit yang terlihat. Seperti wajah mulai mengendur, muncul keriput, garis-garis halus, hingga beberapa bagian kulit yang tidak merata dan muncul flek hitam. Ini semua adalah beberapa tanda penuaan yang membuat penderitanya tak percaya diri.

Faktanya, tanda penuaan ternyata juga bisa terjadi lebih cepat lho. Kondisi ini disebut oleh penuaan dini. Banyak faktor yang memicu permasalahan kulit ini, seperti paparan sinar matahari, perubahan hormon, gaya hidup, dan polusi. Berbagai faktor tersebut, sinar matahari adalah penyebab paling umum yang menyebabkan munculnya tanda penuaan dini.

Pasalnya sinar matahari yang berlebihan akan merusak komponen elastin dan kolagen pada kulit. Padahal kolagen dan elastin memiliki peran penting untuk menjaga kekencangan kulit. Oleh karena itu, banyak orang melakukan suntik kolagen guna menjaga kulitnya tetap kencang dan terhindar dari tanda-tanda penuaan.

Namun sayangnya, suntik kolagen membutuhkan biaya yang tak sedikit. Sehingga tidak semua orang mampu melakukannya. Nah, jika kamu salah satunya tak perlu risau. Karena kamu tetap bisa bikin kulitmu kencang bebas kerutan hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti unggahan dari akun TikTok @dorahermin pada 18 Januari 2023, yang membagikan tentang cara bikin masker antiaging pakai 1 jenis sayuran. Sayuran yang dimaksud adalah bayam. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu tepung beras.

"keriput pudar kulit cerah," katanya dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @dorahermin, Kamis (16/11).

foto: freepik.com

Bayam merupakan salah satu sayuran yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, sayuran ini juga punya banyak manfaat untuk kulit lho.

Bayam memiliki banyak nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan kulit, dan menghambat proses penuaan. Ini berkat kandungan vitamin A yang dapat menjadi antioksidan untuk kulit. Antioksidan ini dapat membuat sel-sel kulit menjadi lebih sehat dan memperbaiki dari kerusakan sehingga dapat menghambat penuaan.

Pun dengan tepung beras yang juga tak hanya efektif untuk mencerahkan kulit, tetapi juga ampuh mengatasi berbagai tanda penuaan kulit. Pasalnya tepung beras dapat merangsang produksi kolagen yang membantu mengencangkan kulit berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Tepung beras juga mampu berperan sebagai eksfoliator alami yang efektif mencerahkan bintik-bintik gelap dan flek hitam pada wajah.

foto: TikTok/@dorahermin

Kedua bahan ini bisa kamu jadikan masker wajah yang efektif untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kulit kendur dan keriput. Bahkan jika digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan bonus wajah yang cerah dan bebas flek hitam. Begini cara membuat dan mengaplikasikannya.

Bahan:

1. 1 genggam bayam
2. 2 sendok makan tepung beras
3. Air secukupnya

foto: TikTok/@dorahermin

Cara membuat dan mengaplikasikan:

1. Cuci bayam sampai bersih
2. Gunakan daunnya saja dan buang batangnya
3. Masukkan kedalam blender dan tambahkan air secukupnya
4. Blender bayam sampai benar-benar halus
5. Tuangkan tepung beras pada wadah dan tambahkan 3 sendok makan bayam yang sudah diblender
6. Aduk keduanya sampai tercampur merata
7. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan benar-benar bersih
8. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
9. Diamkan sampai kering atau sekitar 20 menit
10. Bilas menggunakan air sampai bersih
11. Keringkan wajah kemudian lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
12. Gunakan masker ini secara rutin 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah dan awet muda.

(brl/lea)