Kulit menua kembali kencang, begini trik atasi keriput pada tangan pakai 1 bahan pemanis

9 Juni 2023 23:10 WIB

Brilio.net - Seiring bertambahnya usia, tak hanya wajah saja yang mengalami tanda-tanda penuaan. Bahkan kulit tangan pun juga turut mengalami penurunan elastisitas. Penyebab tangan keriput dan kasar biasanya dikarenakan oleh udara kering yang berakhir dengan berkurangnya kelembapan kulit atau juga terlalu sering terpapar bahan-bahan kimia dari produk pembersih.

Pasalnya, seiring bertambahnya usia, kulit tangan akan kehilangan lemak dan elastisitasnya, serta kulit kehilangan volume. Hal ini menjadikan kulit lebih kering dan tipis. Akibatnya, kemampuan kulit dalam melindungi diri dari kerusakan pun turut menurun. Dampaknya adalah muncul kerutan, lipatan dan garis pada kulit yang biasa kita kenal sebagai keriput.

Namun, meski umumnya penyebab kulit tangan keriput adalah karena proses penuaan, hal ini bisa menimpa siapa saja, termasuk orang yang masih muda. Penyebab tangan keriput di usia muda biasanya dipicu karena paparan sinar matahari. Pasalnya, tangan adalah salah satu area yang paling rawan terpapar sinar matahari namun sering terlewat dalam rangkaian perawatan kulit.

Selain itu gaya hidup seperti pilihan menu makan, kebiasaan merokok hingga penggunaan obat-obat tertentu juga dapat memengaruhi kesehatan kulit yang mengarah pada munculnya keriput.

Tidak perlu khawatir, setiap permasalahan kulit selalu ada solusinya. Ada beberapa cara untuk menghilangkan keriput pada tanganmu. Apabila kamu baru saja menemui tanda-tanda garis halus pada kulit, kamu masih bisa mencegah pembentukan keriput pada tanganmu dengan rutin menggunakan lotion pelembap yang bisa meningkatkan elastisitas kulit kamu. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitarmu.

Seperti video yang diunggah oleh pengguna TikTok dengan nama akun @desakgek pada (28/10/2020) lalu. Dalam unggahannya itu, ia membagikan trik atasi keriput pada tangan pakai 1 bahan pemanis. Bahan pemanis yang dimaksud adalah madu. Tak hanya madu, karena ia juga menggunakan bahan lain yaitu garam dan putih telur.

"Tangan jg menua say, jd butuh perawatan biar ga keriput usia boleh 50 tp tangan klo bisa 30," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @desakgek, Jumat (9/6).

foto: freepik.com

Madu dikenal sebagai salah satu super food karena manfaatnya yang luar biasa banyak untuk tubuh. Madu juga sering dijadikan pemanis alami pengganti gula karena lebih sehat, bahkan bisa membantu mencegah kegemukan. Kandungan nutrisi di dalam madu juga tak main-main, mulai dari vitamin B6, asam pantotenat dan asam amino, thiamin, niasin, serta riboflavin, sampai dengan berbagai mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, dan fosfor.

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam madu dapat membantu mengurangi keriput dan menjaga kekencangan kulit. Dengan begitu, kulit tangan kamu bisa terlihat lebih muda dan sehat. Madu yang dioleskan ke kulit tangan bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit sekaligus menghindari keriput dan menunda penuaan dini.

Sedangkan garam, teksturnya yang kasar sangat berguna untuk pengelupasan kulit. Garam dapat mengangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit. Garam bermanfaat sebagai scrub alami yang tidak mengandung pasir silika sehingga aman untuk kulit. Nah, garam ini bisa kamu campur dengan air hangat untuk membantu mendetoks kulit untuk mengeluarkan racun dari faktor eksternal penyebab tangan keriput.

Sementara putih telur memiliki kandungan zat albumin yang dapat membantu mengencangkan kulit yang kendur. Bukan cuma itu, manfaat putih telur lainnya juga ampuh melawan berbagai tanda-tanda penuaan, mulai dari mengangkat sel kulit mati sampai menyamarkan garis-garis halus. Selain itu, vitamin A dalam putih telur juga dapat membantu mengurangi keriput hingga melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.

Dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan manfaatnya, kamu bisa mengolahnya menjadi masker untuk mengatasi keriput pada tanganmu. Cara membuatnya pun sangat mudah, yuk simak caranya berikut ini.

foto: TikTok/@desakgek

Bahan:

1. 1 Butir putih telur.
2. 1 Sendok makan madu.
3. Garam secukupnya.
4. Air hangat.

Cara membuat:

1. Siapkan air hangat dan masukkan garam lalu aduk-aduk.
2. Pada wadah yang lain, campurkan putih telur dan madu kemudian aduk sampai merata.
3. Rendam tangan pada air garam selama beberapa saat lalu keringkan.
4. Aplikasikan masker tangan putih telur dan madu secara menyeluruh.
5. Diamkan sampai kering.
6. Bilas menggunakan air sampai bersih.
7. Lanjutkan dengan penggunaan hand cream untuk memaksimalkan perawatan.
8. Gunakan masker tangan ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan kulit tangan yang kembali kencang.

foto: TikTok/@desakgek

Trik atasi keriput pada tangan pakai 1 bahan pemanis yang dibagikan oleh akun TikTok @desakgek ini viral. Hingga artikel ini ditulis, videonya sudah ditonton sebanyak 669 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 280 komentar.

"asli mbk..tangan saya keriput bgt g sesuai ama wajah..makasih tipsnya..akan dicobain nanti," kata pemilik akun @cantika_bobo.

"wah makasi infonya.. siap mencoba," celetuk akun @yudeinreal.

"bisa pakai aloe vera juga, saya usia 50 tahun," ungkap akun @user384624926161.

(brl/far)