Kurang dari seminggu, ini trik atasi kulit kusam agar tampak cerah kembali pakai 1 jenis tepung

29 Agustus 2023 12:10 WIB

Brilio.net - Kulit wajah yang kurang bercahaya atau tampak kusam adalah masalah utama bagi sejumlah orang. Pasalnya, penampilan kulit kusam ini membuat kamu tampak kurang segar. Biasanya kondisi kulit kusam ini disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat dan lingkungan di sekitar, salah satunya adalah sinar matahari.

Sinar UV dari matahari menjadi penyebab utama kulit kusam. Paparan sinar yang berlebihan membuat kolagen dan elastin di dalam kulit ini rusak. Akibatnya, kulit menjadi kering, kusam, dan terjadi hiperpigmentasi. Sementara itu, gaya hidup buruk seperti halnya merokok juga bisa membuat kulit menjadi kusam. Bukan tanpa sebab, merokok dapat mengurangi aliran darah ke kulit dan mengganggu pasokan oksigen yang dibutuhkan.

Proses tersebutlah yang membuat kulit menjadi kusam dan tampak kurang sehat. Untuk mengatasi kulit kusam, kuncinya adalah dengan merawat secara rutin. Kamu bisa memulai dengan memakai sunscreen secara teratur dan memenuhi asupan nutrisi pada kulit. Salah satunya adalah merawat kulit dengan menggunakan masker yang terbuat dari satu jenis tepung.

Kali ini bahan yang dimaksud adalah tepung besan atau dikenal dengan tepung kacang-kacangan. Tepung ini biasanya digunakan untuk perawatan kulit secara alami. Pasalnya, tepung besan ini mempunyai kemampuan untuk membersihkan kulit secara alami, mengangkat kotoran, minyak, serta membuat kulit tampak cerah.

Selain bahan utama tersebut, terdapat tambahan lainnya yaitu susu murni dan kunyit. Susu memiliki kandungan asam laktat yang bisa membantu menjaga kelembapan kulit, menghaluskan, dan melembutkan. Kandungan tersebut mampu mencerahkan dan mengatasi hiperpigmentasi.

Sementara kunyit ini mengandung sifat antiinflamasi dan antiseptik yang bisa melawan radikal bebas dan mengatasi peradangan. Di sisi lain, sifat antiseptik di dalam bahan ini mampu mengobati jerawat. Tertarik untuk menggunakan masker dari bahan-bahan di atas? Yuk, simak tutorial yang dibagikan oleh pengguna YouTube mahnoorlife, dilansir briliobeauty.net pada Selasa (29/8).

Bahan-bahan:

foto: YouTub/mahnoorlife

1. 2 sendok makan tepung besan
2. 3 sendok makan susu murni
3. 1 sendok teh bubuk kunyit.

Cara membuat:

foto: YouTub/mahnoorlife

1. Masukkan tepung besan ke dalam mangkuk
2. Tuangkan susu ke dalam wadah tersebut
3. Campurkan dengan bubuk kunyit
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Cara menggunakannya:

foto: YouTub/mahnoorlife

1. Aplikasikan face mist terlebih dahulu pada wajah

Face mist mengandung bahan-bahan yang ramah untuk kulit, seperti mineral, hyaluronic acid, niacinamide, dan vitamin. Untuk membeli face mist dengan rekomendasi harga termurah, cek di bawah ini.

 


2. Bersihkan wajah terlebih dahulu
3. Aplikasikan masker tersebut secara merata dan pijat-pijat perlahan
4. Biarkan kurang lebih 15 hingga 20 menit
5. Bilas dengan menggunakan air hangat
6. Agar wajah kusam tampak cerah, gunakan masker ini secara rutin yaitu dua kali dalam seminggu.

(brl/mal)