Lembap tanpa aloe vera, ini trik cegah penuaan dini pada kulit kering pakai toner dari 1 jenis sayuran

4 Agustus 2023 23:41 WIB

Brilio.net - Kulit kering adalah tipe kulit yang bisa kehilangan kelembapan pada lapisannya secara cepat, entah itu akibat faktor genetik maupun faktor eksternal seperti paparan sinar matahari yang menyebabkan penguapan. Hal ini menyebabkan lapisan pelindung pada orang dengan tipe kulit ini pada umumnya cukup lemah. Kulit yang kering juga menjadi tipe kulit yang paling rentan terkena penuaan dini?

Kulit kering mengalami penurunan produksi kolagen dan elastin dalam kulit bila tidak dirawat dengan baik. Kolagen dan elastin merupakan komponen protein yang berperan penting dalam mempertahankan elastisitas kulit. Hal ini menyebabkan kulit menjadi tidak mampu mempertahankan strukturnya dengan baik sehingga menjadikan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus pun sulit untuk dihindari.

Kamu mengatasi kulit kering dengan banyak mengonsumsi air serta memanfaatkan berbagai bahan alami sebagai solusi alternatif. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan buah timun dengan lemon dan air mawar sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari @simmi_bijalwan di Instagram pada Jumat (4/8).

foto: freepik.com

Timun merupakan bahan alami yang efektif untuk merawat kulit yang kering. Kandungan air yang tinggi dalam timun efektif membantu menghidrasi kulit kering hingga lapisan terdalam di bagian epidermisnya. Selain itu, timun juga mengandung senyawa antioksidan dan vitamin C yang membantu mengurangi peradangan dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Kualitas astringen pada timun juga membantu menenangkan dan mengencangkan kesan kulit yang kendur dan penuh kerutan.

foto: freepik.com

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Vitamin C memiliki peran penting dalam produksi kolagen, protein yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Dengan meningkatkan produksi kolagen, ekstrak lemon membantu memberi kelembapan sekaligus menghaluskan tekstur kulit. Antioksidan dalam lemon juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan merangsang proses regenerasi kulit.

foto: freepik.com

Selain baunya yang harum, bunga mawar rupanya mengandung banyak komponen berupa vitamin A, C, E, serta asam lemak esensial. Khasiat antioksidan dari vitamin E dalam bunga mawar ini dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Vitamin C sendiri dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, dan vitamin A sendiri dapat membantu menstimulasi regenerasi sel kulit. Kombinasi dari seluruh vitamin ini membuat air mawar dapat memberi kelembapan dan menghaluskan kulit secara baik.

Nah, ketiga bahan di atas ini bisa kamu jadikan sebuah toner multifungsi dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 buah timun
2. 1/2 potong buah lemon
3. 3 sendok teh air mawar
4. Botol spray kosong

foto: Instagram/@simmi_bijalwan

Langkah pengerjaan:

1. Ambillah 1 buah timun dan potong menjadi kecil-kecil.
2. Haluskanlah timun tersebut dengan blender, lalu peras airnya dalam sebuah wadah.
3. Masukkan ekstrak 1/2 potong buah lemon ke dalam wadah tersebut.
4. Tuangkan pula 3 sendok teh air mawar ke dalamnya.
5. Aduk seluruh bahan di atas hingga tercampur rata.
6. Pindahkan campuran tersebut dalam sebuah botol spray kosong yang telah dibersihkan sebelumnya.
7. Aplikasikan ke seluruh wajah secara menyeluruh kapanpun diperlukan, minimal 2-3 kali sehari.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by @Simmi Bijalwan (@simmi_bijalwan)

(brl/wen)