Lepas krim dokter malah berujung breakout, perjuangan cewek sembuh dari jerawat ini menginspirasi

10 Agustus 2024 05:00 WIB

Brilio.net - Breakout adalah kondisi di mana kulit mengalami kemunculan jerawat, komedo, atau papula dan pustula lainnya yang sering kali disebabkan oleh penyumbatan pori-pori. Jerawat muncul ketika folikel rambut di kulit tersumbat oleh sebum dan sel-sel kulit mati, yang kemudian menjadi tempat berkembangnya bakteri.

Proses ini dapat menyebabkan peradangan dan pembentukan jerawat yang tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Meskipun sering kali dianggap sebagai masalah remaja, breakout juga dapat terjadi pada orang dewasa akibat berbagai faktor seperti stres, perubahan hormonal, atau penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok.

Seperti yang dialami oleh pengguna TikTok dengan nama akun @ratnasuci00, yang mengalami breakout setelah memutuskan untuk lepas dari penggunaan krim dokter. Meski begitu, ia berhasil sembuh dari jerawat hingga mendapatkan wajah yang mulus kembali.

"proud of me udh ngelewatin semua ini," tulisnya dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @ratnasuci00, Sabtu (10/8).

foto: TikTok/@ratnasuci00

Kisahnya berawal dari sang pemilik akun yang diketahui bernama Ratna, memutuskan untuk lepas atau berhenti menggunakan krim dokter. Di awal-awal lepas krim dokter, wajah Ratna secara tiba-tiba muncul banyak jerawat. Tak hanya itu saja, seiring waktu, wajahnya semakin banyak muncul jerawat hingga kemerahan. Bahkan skin barrier-nya juga ikut rusak.

Kondisi tersebut membuat Ratna tidak percaya diri, hingga saat beraktivitas di luar ruangan pun ia sering memakai masker untuk menutupi jerawat di wajahnya. Sampai akhirnya, Ratna memutuskan untuk memakai krim dari klinik kecantikan. Bukannya membaik, kondisi wajahnya malah semakin parah dan terus muncul jerawat.

foto: TikTok/@ratnasuci00

"Cuman disini mulai 3 bulan pake krim dari klinik kecantikan jerawat mulai kembali dan besar besar. udah mulai insecure lagi," kata Ratna.

Dikarenakan tak kunjung membaik, Ratna akhirnya memutuskan untuk berhenti menggunakan krim dari klinik kecantikan. Ia justru hanya merawat wajahnya dengan basic skincare. Perawatannya itu adalah rutin membersihkan wajah menggunakan micellar water, memakai serum khusus jerawat yang cocok dengan kulitnya, dan tak pernah skip menggunakan sunscreen setiap hari.

foto: TikTok/@ratnasuci00

Selang beberapa saat, akhirnya wajah Ratna semakin membaik. Bahkan sampai saat ini, wajahnya sudah benar-benar sembuh dari jerawat dan kemerahan akibat breakout. Jadi, bagi kamu yang mengalami hal serupa, kamu bisa mengikuti cara Ratna dengan menggunakan basic skincare untuk merawat wajah berjerawat.

foto: TikTok/@ratnasuci00

(brl/lea)