Minuman detoks dari 3 bahan dapur ini bisa bantu sembuhkan jerawat, begini cara membuatnya

31 Juli 2024 15:10 WIB

Brilio.net - Jerawat merupakan masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang, tidak terkecuali remaja maupun orang dewasa. Banyak faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat, mulai dari perubahan hormonal hingga ketidakseimbangan dalam perawatan kulit. Bagi sebagian orang, jerawat bisa menjadi sumber kekhawatiran dan penurunan rasa percaya diri. Namun, dengan perawatan yang sesuai, masalah jerawat bisa diatasi secara efektif.

Masalah kulit ini ditandai dengan munculnya benjolan merah, komedo, dan pustula di wajah. Faktor utama yang menyebabkan jerawat adalah produksi minyak berlebih, yang kemudian menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan oleh bakteri. Perubahan hormonal juga sering kali menjadi pemicu utama jerawat, terutama selama masa pubertas, kehamilan, atau ketika mengalami stres emosional.

Karena dapat mengganggu penampilan, tak heran jika banyak orang ingin mengatasi jerawat di wajahnya. Mulai dari menggunakan skincare khusus jerawat, melakukan perawatan di klinik kecantikan, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @errsunday, yang membuat minuman detoks untuk mengatasi jerawat di wajah. Minuman detoks tersebut hanya menggunakan 3 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah kunyit, ketumbar, dan jeruk nipis.

Minuman detoks dari 3 bahan dapur ini bisa bantu sembuhkan jerawat
TikTok/@errsunday

Usai mengetahui bahan-bahan yang akan digunakan, yuk, simak cara membuatnya, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @errsunday, Rabu (31/7).

Bahan:

- 1 ruas kunyit
- 1 sendok makan ketumbar
- 1 buah perasan jeruk nipis
- Air panas secukupnya

Minuman detoks dari 3 bahan dapur ini bisa bantu sembuhkan jerawat
TikTok/@errsunday

Cara membuat:

1. Kupas kunyit, cuci, lalu iris-iris menjadi bagian yang lebih kecil
2. Masukkan pada gelas kemudian tambahkan ketumbar dan perasan jeruk nipis
3. Tuangkan air panas pada gelas yang berisi 3 bahan tersebut
4. Diamkan selama semalaman hingga air berubah warna
5. Saring dan ambil air seduhannya saja
6. Minum saat pagi harinya hingga habis
7. Kamu bisa mengonsumsi minuman detoks ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan wajah yang mulus bebas jerawat.

Minuman detoks dari 3 bahan dapur ini bisa bantu sembuhkan jerawat
TikTok/@errsunday

Kandungan kunyit untuk mengatasi jerawat di wajah.

Kunyit telah dikenal luas sebagai bahan alami yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk dalam mengatasi jerawat di wajah. Salah satu alasan utamanya karena kandungan kurkumin di dalamnya, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Sifat anti-inflamasi kunyit membantu meredakan peradangan pada jerawat, mengurangi kemerahan dan pembengkakan.

Selain itu, kunyit juga memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, seperti Propionibacterium acnes, yang dapat membantu mengurangi infeksi dan mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Manfaat ketumbar untuk mencegah jerawat muncul kembali.

Salah satu alasan utama mengapa ketumbar efektif mencegah jerawat muncul kembali adalah kandungan antioksidannya yang tinggi, terutama dalam bentuk vitamin C dan vitamin E. Antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan, yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan memicu jerawat.

Jeruk nipis bisa mengatasi jerawat berkat kandungan vitamin di dalamnya.

Jeruk nipis telah lama dikenal sebagai bahan alami yang efektif dalam mengatasi jerawat. Ini berkat kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang kuat, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga membantu dalam proses regenerasi kulit, mempercepat penyembuhan luka kecil dan memudarkan bekas jerawat.

(brl/ola)