Nggak cuma daun neem, ini cara bikin kulit jadi bebas jerawat pakai 1 jenis bubuk pohon kayu

16 Agustus 2023 20:10 WIB

Brilio.net - Jerawat merupakan kondisi umum dialami kebanyakan orang, mulai dari remaja hingga orang dewasa. Kondisi ini terbentuk akibat terjadinya penyumbatan pori-pori oleh minyak, sel kulit mati, dan bakteri. Ketika penyumbatan itu terjadi, maka kulit secara cepat akan terinfeksi dengan penumpukan bakteri bernama "propionibacterium acnes" yang berkembang biak secara cepat dalam kondisi tertutup. Dalam prosesnya, kulit pun akan merespon dengan melepaskan zat-zat kimia seperti prostaglandin dan leukotrien yang mengakibatkan munculnya peradangan jerawat serta terasa sakit.

Apabila tidak ditangani dengan baik, peradangan jerawat jelas dapat mengakibatkan berbagai konsekuensi negatif lainnya bagi kesehatan kulit. Salah satunya adalah risiko berkembangnya jerawat menjadi luka, hingga akhirnya membekas. Kondisi ini dikarenakan peradangan terus berlanjut, sehingga merusak dinding folikel kulit yang mengelilingi pori-pori. Jika lapisan pelindung ini pecah, maka akan berujung pada kerusakan jaringan yang lebih luas dan menyebabkan terbentuknya luka mendalam.

Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan memanfaatkan banyak bahan alami yang memiliki khasiat ampuh dalam meredam masalah jerawat. Salah satu caranya cukup dengan menggunakan bubuk kayu cendana bersama dengan daun neem dan aloe vera, sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Rabu (16/8) dari Instagram @eyysheryl.

bikin kulit jadi bebas jerawat
freepik.com

Bubuk cendana cukup terkenal akan khasiatnya untuk perawatan kulit. Hal ini dikarenakan bubuk cendana mengandung senyawa aktif seperti alfa-santanol dan alfa-santalenol yang memiliki sifat antiseptik, antiinflamasi, dan astringen. Kandungan ini membantu menjaga kulit tetap sehat, mengurangi peradangan, dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, bubuk cendana juga memiliki sifat pemutih alami yang dapat membantu menyamarkan bekas jerawat.

bikin kulit jadi bebas jerawat
freepik.com

Daun neem sejatinya memiliki banyak khasiat ampuh karena sifat antibakteri dan anti-inflamasi di dalamnya. Kandungan utama dalam daun neem adalah triterpenoid, flavonoid, dan asam lemak esensial yang memiliki sifat anti-inflamasi kuat. Hal ini berarti bahwa daun neem efektif dalam meminimalisir kemerahan dan bengkak pada jerawat serta membunuh bakteri jerawat itu sendiri. Daun neem juga dapat mengurangi risiko infeksi pada kulit yang sudah terkena jerawat.

bikin kulit jadi bebas jerawat
freepik.com

Gel lidah buaya sendiri telah lama dikenal karena kemampuannya dalam mengatasi peradangan dan menyembuhkan luka. Gabungan senyawa seperti polisakarida, asam amino, enzim, dan vitamin C yang terdapat pada aloe vera bekerjasama dalam mempercepat proses penyembuhan kulit. Selain itu, aloe vera juga membantu menenangkan rasa sakit akibat jerawat serta mencegah penyebaran jerawat lebih lanjut.

Nah, ketiga bahan di atas bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok teh bubuk daun neem
2. 1 sendok teh bubuk kayu cendana (sandalwood)
3. 1 sendok teh gel aloe vera
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

bikin kulit jadi bebas jerawat
Instagram/@eyysheryl

1. Pisahkanlah daun neem dari dahannya dan keringkan selama beberapa jam
2. Haluskan daun neem yang kering tersebut dengan cara menggerusnya di ulekan
3. Masukkan bubuk daun neem dan cendana masing-masing 1 sendok teh ke dalam wadah kecil
4. Tambahkan 1 sendok teh gel aloe vera setelahnya
5. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata
6. Aplikasikan dengan cara mengoleskannya ke wajah secara menyeluruh sembari sedikit dipijat
7. Diamkan selama 10-15 menit
8. Bila dirasa cukup, bilas dengan air hingga bersih.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sheryl Saji Thomas (@eyysheryl)

(brl/ola)