Nggak cuma pakai putih telur, begini cara atasi kerutan dan wajah kendur dengan tambahan 1 jenis buah

6 Desember 2023 15:10 WIB

Brilio.net - Proses penuaan adalah suatu hal yang tak bisa dihindari. Penuaan ini umumnya akan mulai terlihat saat seseorang memasuki usia 30 tahun ke atas. Tak hanya tumbuhnya uban saja yang menjadi tanda jika seseorang mulai menua, tetapi kulit yang mengendur, munculnya garis halus dan kerutan, hingga kehilangan elastisitas kulit.

Kondisi ini akan tampak saat seseorang berekspresi, seperti mengernyitkan dahi, tersenyum, dan memicingkan mata. Munculnya kerutan dan mengendurnya wajah disebabkan oleh menurunnya elastin dan kolagen pada jaringan kulit. Kedua komponen ini lah yang memiliki peran dalam menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

Namun seiring menuanya usia seseorang, kemampuan tubuh untuk meregenerasi kulit juga ikut menurun. Sehingga kulit akan mudah mengalami kerusakan. Selain faktor usia, kerutan dan wajah kendur juga disebabkan oleh faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, polusi, kulit kering, gaya hidup yang kurang sehat, dan tidak merawat wajah dengan baik.

Kondisi ini cukup membuat penderitanya kurang percaya diri, pasalnya kulit wajah yang kencang dan bebas dari tanda penuaan masih menjadi dambaan untuk menunjang penampilan. Sehingga tak sedikit yang mencari cara untuk mengencangkan wajahnya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Nggak cuma pakai putih telur, karena pemilik akun TikTok @kylly_50plus pada 5 Oktober 2023, juga menambahkan bahan lain yaitu 1 jenis buah. Buah yang dimaksud adalah lemon. Untuk memaksimalkan manfaatnya, pemilik akun juga menggunakan yoghurt.

"Anti-aging DIY face mask (Masker wajah DIY anti penuaan)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @kylly_50plus, Rabu (6/12).

foto: freepik.com

Putih telur adalah sumber protein hewani yang punya banyak manfaat untuk kulit. Selain protein, putih telur juga mengandung albumin yang diklaim dapat membantu mengencangkan kulit kendur. Kandungan vitamin A di dalamnya juga efektif untuk mengurangi keriput dan mencegah kerusakan kulit. Bukan cuma itu, manfaat putih telur lainnya juga dapat melawan berbagai tanda penuaan, mulai dari mengangkat sel kulit mati sampai menyamarkan garis-garis halus.

Sementara lemon juga efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Lemon dipercaya dapat meningkatkan kolagen pada kulit, sehingga kulit akan tetap kencang. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada lemon diklaim mampu mencegah radikal bebas penyebab kerusakan kolagen. Tak terkecuali dengan yoghurt yang kaya akan asam laktat yang juga merupakan bahan yang sering digunakan dalam banyak produk perawatan kulit antiaging.

foto: TikTok/@kylly_50plus

Ketiga bahan alami ini dapat kamu jadikan masker wajah yang efektif untuk mengencangkan kulit dan mengatasi keriput. Penggunaan yang rutin akan membuat wajahmu kencang, halus, dan cerah merata. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya.

Bahan:

1. 1 butir putih telur
2. 1 sendok makan yoghurt
3. Perasan lemon secukupnya

foto: TikTok/@kylly_50plus

Cara membuat dan menggunakan:

1. Pecahkan telur dan ambil putihnya saja
2. Tambahkan yoghurt dan perasan lemon
3. Aduk ketiganya sampai tercampur merata
4. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan benar-benar bersih
5. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
6. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air sampai bersih
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
8. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang bebas kerutan dan awet muda.

(brl/wen)