Nggak hanya madu, ini cara bikin kulit kendur kembali kenyal elastis pakai 1 jenis umbi-umbian

4 Agustus 2023 08:01 WIB

Brilio.net - Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami tanda penuaan seperti mengendur. Hal ini sebenarnya disebabkan oleh berkurangnya produksi kolagen dan elastin. Dua komponen protein ini berfungsi untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Akibat berkurangnya produksi elastin ini, kulit pun menjadi sulit mempertahankan struktur dan kelembapan alaminya. Lambat laun, kulit wajah pun jadi kehilangan kekencangannya dan menjadi kendur.

Selain itu, faktor lingkungan seperti sinar ultraviolet (UV) dari matahari, polusi udara, serta pola hidup yang tidak sehat seperti merokok dapat mempengaruhi turunnya tingkat serta kualitas elastisitas kulit itu sendiri. Bahkan, keseringan stres dan bergadang pun seringkali tidak disadari dapat mempercepat penuaan dini.

Tapi jangan buru-buru khawatir, karena ada cara untuk memperlambat tanda penuaan dini. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan bahan alami yang mudah ditemukan. Seperti diperagakan oleh akun @get_beauty_glow_everyday di Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Jumat (4/8). Dalam video unggahannya, kamu bakal melihat cara memanfaatkan kentang, madu, dan tepung terigu sebagai solusi penuaan dini.

foto: freepik.com

Kentang merupakan sejenis tanaman umbi yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B, dan antioksidan. Komponen tersebut, terutama vitamin C, merupakan bahan yang aktif membantu merangsang produksi kolagen dalam kulit. Selain itu, kandungan vitamin B dan senyawa antioksidan dalam kentang juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi dampak buruk radikal bebas pada kulit.

foto: freepik.com

Madu sendiri telah umum dikenal mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan enzim dan antioksidan dalam madu merupakan zat yang efektif dalam meningkatkan elastisitas kulit dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Selain itu, madu penuh dengan faktor hidrasi yang dapat memberi kelembapan pada kulit dengan baik.

foto: freepik.com

Di sisi lain, tepung terigu sejatinya kaya akan komponen protein bernama gluten yang dapat membantu mengencangkan kulit. Selain itu, tepung terigu juga mengandung banyak senyawa vitamin E yang merupakan antioksidan efektif untuk memerangi kerusakan kulit dan mempertahankan kelembapannya.

Nah, ketiga bahan di atas ini bisa kamu ubah menjadi masker alternatif dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 buah kentang
2. 1 sendok makan madu
3. 1-2 sendok makan tepung terigu
4. Wadah kecil

foto: Instagram/@get_beauty_glow_everyday

Langkah pengerjaan:

1. Ambillah 1 buah kentang dan rebuslah hingga menjadi empuk (sekitar 20-25 menit).
2. Kupaslah kentang tersebut, lalu hancurkan hingga menjadi halus.
3. Tuangkan 1 sendok makan madu setelahnya.
4. Tambahkan pula 2 sendok makan tepung terigu.
5. Aduk rata seluruh bahan tadi.
6. Aplikasikan ke seluruh wajah secara menyeluruh (termasuk leher, bila diperlukan)
7. Diamkan selama 15-20 menit.
8. Selanjutnya, bilas hingga bersih hingga tidak lagi tersisa residunya.
9. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Get beauty Glow everyday (@get_beauty_glow_everyday)

(brl/wen)